Sekarang Anda Bisa Mendapatkan Uang dari Blog dengan Lalu Lintas Rendah

Anda tidak harus mempunyai volume besar (tidak harus 1 juta per hari semisal) untuk mendapatkan uang dari blog. Meski pun itu akan membantu Anda.

Anda juga tidak harus membuat atau memiliki sebuah eBook, plugin, kursus, atau produk sendiri.

Pada posting kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda bagaimana memperoleh uang dari blog Anda dengan program afiliasi. Para blogger menyebutnya affiliate marketing.

Kenapa afiliasi saya rekomendasikan? Karena jika dibanding PPC, Anda akan membutuhkan lalu lintas besar untuk mendapatkan uang dari blog. Tapi dengan sistem afiliasi, Anda hanya butuh pengunjung yang tertarget, tidak perlu banyak.

Bukan. Saya bukan bukan seorang super affiliate, saya hanya seorang blogger yang mendapatkan sejumlah uang dari link afiliasi saya. Meski pun tidak banyak. Di sini saya hanya ingin berbagi pengalaman.

Apa yang harus Anda catat ketika memoneteize blog Anda dengan system afiliasi adalah kejujuran dan disclousure. Jadi harap mengerti bahwa konten ini terdapat link-link afiliasi saya. Yang jika Anda melakukan suatu transaksi, saya akan mendapatkan sejumlah komisi (relative) kecil dari sana.

Pengertian Affiliate Marketing..

Saya berasumsi Anda belum mendengar afiliasi sebelumnya, berikut definisi afiliasi secara umum. Affiliate marketing memungkinkan Anda mendapatkan komisi/uang dari kostumer yang datang dari referral Anda.

Saya kira ada ratusan (bahkan barangkali lebih) produk atau pun layanan yang memiliki program afiliasi. Meski pun beberapa menyebutnya “program kerja sama” atau pun “referral program”.

Sebagai seorang affiliate, Anda mendaftar untuk mendapatkan link afiliasi (yang berfungsi sebagai radar, untuk mengetahui ada seseorang yang datang dari Anda) Dan jika orang itu melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan komisi.

Sangat sederhana, bukan?

Komisi yang bisa Anda terima sangat bervariasi. Tetapi kira-kira 4 – 80 % dari harga produk yang berhasil Anda jual. Karena itu Anda bisa mendapatkan uang dari blog (dengan komisi lumayan), meski pun lalu lintas blog Anda masih kecil.

Sebenarnya Anda tidak harus mempunyai blog tentang make money blogging untuk menjalankan program ini. Di internet terdapat produk bahasa inggris, personal development, dan topik-topik lain.

Mendaftar dan mendapatkan link afiliasi Anda mudah. Sangat mudah.

Mendapatkan penjualan lah yang merupakan bagian tersulit. Dan pada bagian itu saya akan membantu Anda melakukannya dengan posting ini.

Banyak blogger berpikir bahwa affiliate marketing hanya menampilkan iklan banner. Jika Anda memiliki banyak taffic, mungkin itu cukup baik dilakukan. Tetapi banyak blogger (dan juga saya) sulit mendapatkan penjualan dengan menggunakan banner.

Jadi, Apa yang Harus Anda Jual..?

Menjual sebuah produk di blog Anda, dengan afiliasi program merupakan cara bagus memoneteize blog Anda. Tetapi pastikan produk itu relevan dengan topic blog Anda.

Kenapa? Karena itu akan berpengaruh dengan kredibilitas Anda, dan menjaga royalitas pembaca blog Anda.

Jadi, Anda harus selektif memilih produk.

Dan Anda bisa memikirkan produk apa yang pernah Anda pakai, dan Anda bisa merekomendasikannya karena Anda yakin itu juga bermanfaat bagi pembaca.

Sebagai contoh, baru-baru ini saya suka produk dari copyblogger; Genesis Framework. Saya menggunakan theme ini di hampir seluruh blog saya. Juga di blog ini.

Genesis membuat saya bisa mengontrol setting SEO dari dashboard tanpa plugin seo satu pun! Barangkali yang hanya saya butuhkan (optional) adalah wp easy seo.

3 Tips Memperoleh Uang dari Program Afiliasi dari Posting Blog Anda…

Di akhir posting ini saya mempunyai beberapa ide produk yang bisa Anda promosikan. tetapi sebelumnya saya akan memberikan tips sederhana.

Anda masih ingat, bukan? Tentang menampilkan banner afiliasi. Kamu mungkin mendapatkan penjualan dari menampilkan banner, tetapi itu sulit jika Anda tidak memiliki lalu lintas yang besar.

Saya lebih suka menggunakan posting blog untuk mempromosikan sebuah produk. Salah satu alasannya, saya bisa menjelaskan kelebihan dan kekurangannya.

Berikut 3 Tips yang bisa Anda gunakan. Anda tidak harus mengikuti semua langkah di sini,satu atau dua mungkin cukup membuat Anda sukses mendapatkan penjualan.

1. Mulai dengan Produk yang Anda Gunakan dan Percaya

Saya sedang berbicara tentang produk yang Anda rekomendasikan telah Anda gunakan dan Anda suka.

Anda mungkin bisa mendapatkan penjualan yang belum pernah Anda gunakan, tetapi ini juga tentang kepercayaan pembaca.

Mereka bisa percaya jika Anda bisa menceritakan produk itu dengan detail.

Dan pastikan apa pun itu, pastikan produk itu bukan produk yang hanya menjual janji. Spam.

2. Anda bisa Bercerita

Saya pernah membaca sebuah eBook. Sayang, saya lupa judul dan penulis buku itu. Yang jelas buku itu tentang mendapatkan uang dengan afiliasi amazon.

Penulis menjelaskan bahwa cara yang dia gunakan untuk mendapatkan dolar dari amazon, adalah dengan posting blog yang menceritakan “kisah hidupnya” dengan sebuah produk. bagaiama kesedihan dan kesenangan dengan produk itu.

Semisal, “saya sangat senang melihat anak saya bermain “Lego Harry Potter”. Dia kelihatan sangat senang bermain. Bahkan dia mengajak saya dan istri saya ikut menyusun balok-balok itu….”

3. Share Pencapaian Anda

Jika Anda membeli dan memanfaatkan sebuah produk, pastinya produk itu dibuat untuk membantu orang melakukan sesuatu, bukan?

Anda bisa menulis tentang pencapaian Anda dengan memanfaatkan produk itu. Misalkan berjudul: Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan xx Kg dalam Sebulan.

Orang butuh bukti dan keyakinan atas manfaat sebuah produk, bukan?

Ide-Ide Produk yang Bisa Anda Promosikan

Jika blog Anda tentang Make Money Blogging:

1. Email Marketing

2. Wp Bisnis Online.… saya suka produk ini, terutama Theme Amazon Review Theme. Yang sangat berguna  untuk menjual produk afiliasi amazon di blog-blog saya. :)

Jika Blog Anda tentang Search Engine Optimizaton:

1. 28 Hari Menguasai SEO oleh Cosa Aranda

2. SEO Complete Guide for WordPress oleh Cosa Aranda

atau Anda bisa mendaftarnya di Panduan Dasar.

Ide-ide lain

1. Belajar Bahasa Inggris

2. Belbuk, di sini Anda bisa menjual buku, bukan eBook.

Bagaimana menurut Anda? Apa kah Anda mempunyai solusi lain mendapatkan uang dari blog dengan lalu lintas rendah dengan program afiliasi?

21 thoughts on “Sekarang Anda Bisa Mendapatkan Uang dari Blog dengan Lalu Lintas Rendah

  1. Menarik bahasannya. Kebetulan Affiliate Marketing juga menjadi bahasan yang menarik perhatian saya.

    Disclosure. Sebenarnya (menurut saya) rezim ini tidak (atau belum) ada di Indonesia. Saya tidak begitu mengikuti Undang-Undang ITE sih. Tapi rezim ini pertama kali didengungkan oleh FTC (Federal Trade Committee) yang sifatnya WAJIB dan bisa kena sanksi jika tidak dituruti, dan FTC ini bermarkas di salah satu negara bagian Amerika (mungkin perlu klarifikasi, saya lupa2 ingat). Tujuannya adalah melindungi kepentingan konsumen, dimana sebagian besar konsumen barang digital adalah orang Amrik (versi FTC).

    Namun kenyataannya, blogger-blogger luar sepertinya kompak dan mengadopsi rezim ini, sehingga dalam setiap artikel promosi pasti ada pernyataan “ini merupakan link affiliasi dan saya akan mendapat keuntungan jika pembaca membeli melalui link itu”.

    Pendapat saya, khusus di Indonesia tidak ada salahnya jika mengadopsi hal ini karena bisa meningkatkan kepercayaan pembeli tentunya, dan kita pun lebih tenang karena tidak ada yang ditutup tutupi.

    Mungkin menambahkan tips untuk penjualan affiliasi. Jadilah seorang problem solver. Kenalilah calon konsumen secara personal, ketahuilah apa masalah calon konsumen, dan tentukan bagaimana Anda bisa membantu mereka lewat produk2 yang Anda promosikan.

    Ide lain yang paling memungkinkan untuk menghasilkan uang dengan trafik blog rendah tentunya adalah menjual produk kita sendiri. Dengan menjual produk sendiri tentu seharusnya kita sudah memperhitungkan siapa saja calon konsumennya.

    Contoh:
    Katakanlah saya memiliki blog dan berjualan baju muslim untuk wanita, yang perlu saya lakukan tentu bergabung ke komunitas blogger yang berbusana muslim, atau mulai berteman dengan teman2 di media sosial yang berbusana muslim, setidaknya dengan cara demikian peluang untuk mendatangkan pengunjung tertarget semakin besar, dibandingkan harus promosi besar2an atau iklan untuk mendatangkan trafik besar dengan pengunjung yang beragam kepentingannya.

    1. Okto, fokusnya di sini adalah afiliasi..dan ini merupakan cara lain jika kita sulit atau masih belum punya produk sendiri..nanti mari kita bahas bagaimana membangun produk..saya ingin belajar membut produk..

      btw, disclosure secara bahasa artinya penyikpanan, penjelasan, ungkapan, dll. Memang di Indonesia belum ada, tapi secara hukum bisa dikenakan hukum penipuan. Jadi intinya begini; Jika di suatu negara tidak ada hukum tentang merampok, tetapi adanya hukum mencuri. Anda bisa menuntut pelaku, dengan analogi tuntutan mencuri.. (maaf ini pelajaran hukum, jadi ngulang materi MK)

      Dan saya hanya ingin jujur..hehehe

      terima kasih atas komentar menariknya..hehehe

      1. Hehe, saya terpaku sama judul “Sekarang Anda Bisa Mendapatkan Uang dari Blog dengan Lalu Lintas Rendah” dan Call to Action “Apa kah Anda mempunyai solusi lain mendapatkan uang dari blog dengan lalu lintas rendah?” … karena itu saya menambahkan ide menjual produk sendiri.

        Terkait disclosure dan penerapan “hukum” di Indonesia …. apa tidak berlebihan jika “bisa” dikenakan penipuan …. karena jika saya perhatikan banyak artikel promosi produk afiliasi yang tidak memenuhi ketentuan disclosure di Indonesia.

        1. mas okto, masukan bagus mas..saya mengganti cal to action saya..terima kasih atas masukan bagusnya..

          terkait disclousure, jika di Indonesia tidak ada, kita belum tentu bisa bebas. Karena bisa dituntut dengan ketetapan lain..Intinya hukum kan begini, mas. Jika ada orang yang merasa dirugikan dan tidak enak, orang itu bisa mengadukannya. Tinggal nanti dituntut apa.

          tetapi saya suka komentar Anda..

          1. Ya saya setuju Mas, jadi sebaiknya blogger lebih bijak lagi dalam mencari uang lewat artikel promosi sebuah produk afiliasi ya …

  2. ngomong-ngomong, minggu depan kita akan berbicara tentang bagaimana membuat produk sendiri..jika ada yang berminat, nanti bisa saling berdiskusi di sini..soalnya, saya tidak ada pengalaman. Dan mungkin akan mencoba membuat..

  3. Wah-wah, ikut nimbrung ah..

    Sebenernya, menjadi afiliasi penjualan produk menurut saya agak sedikit susah, kalo ingin Make Money. Apalagi jaman-jaman gini blogger kalo liat banner ato link yang ada tulisan ‘ref id=’ dan ‘id=’ dah pada tau kalo itu link afiliasi. Mereka memilih untuk tulis sendiri alamat situs yang sebelumnya misal :

    domainsitus.com/ref.id=1987u

    ditulisnya :

    domainsitus.com/

    Kalo dah gitu, kitanya yang rugi..
    mending kalo mau masang link afiliasi, beritahukan pada mereka, misal :
    —————————————————————————————————-
    Ini link afiliasi saya, bila anda berminat menjadi member seperti saya, anda bisa menggunakannya sekarang :

    domainsitus.com/ref.id=1987u

    tapi bila anda memilih tidak menjadi bagian dari afiliasi saya, tidak apa-apa kok :D Yang penting, saya senang sekali bisa berbagi dengan anda.
    ————————————————————————————————

    Coba bandingkan, mana yang punya efek lebih ? :)

    Sebenernya pengunjung juga manusia, kan ? Mungkin hati nurani mereka akan sedikit lebih menghargai bila kita bisa bicara apa adanya, apalagi dengan embel-embel ‘tidak apa-apa kok :D’ yang memberi kesan meminta dengan tulus setulus-tulusnya.

    Baitheway, saya juga rencana post mengenai teknik afiliasi nih :D
    Maaf kalo ada salah, maklum newbie :)

    1. kalau cuma ditulits domainsitus.com bukannya itu tidak ada tracker link afiliasi kita, ya? Ya, tentu rugi lah. Kan kita gak dapet komisi meski pun terjadi penjualan. btw, saya kata memang sulit kalau pakai banner, kalau pakai posting mungkin lebih kuat..

      Dan, saya juga sudah menulisnya di atas Muflich soal kejujuran itu..

      Salam

  4. artikel yang sangat menginspirasi mas karena selama ini mindset saya jika ingin beraffiliasi maka harus membuat landing page atau minisite ternyta blog pun bisa di jadikan landing page affiliasi selama produk yang kita tawarkan relevan dengan tema blog kita..

    1. apa maksud dari komunitas ini? Jika ingin bertanya ajukan di forum seo kami.

      Perusahaan yang bisa dipercaya, saya rasa adalah Amazon, Clickbank, Comission Junction. Tapi kalau di Indonesia produk2 yang saya katakan di atas bisa dipercaya. Beberapa bulan kemarin saya dapat dari goblog themes.

  5. thanks sharingnya min.. jadi punya inspirasi nih buat lanjutkan bisnis affiliasi. btw ijin share, ada blog dengan sistem affiliasi. baru launching kayaknya.. jadi tmn2 yang ingin menjalankan sistem bisnis affiliasi di blogspot sudah bisa. ini alamatnya bagi yang ingin coba http://new-affiliasi.blogspot.com.

    Blog ini adalah jawaban bagi netter yang sedang mencari cara membuat blog bisnis affiliasi.

    Blog ini juga punya sistem affiliasi, artinya kita bisa ikutan gabung dan mempromosikan blog ini, kalau ada pembeli maka atentunya dapat bonus .. check it now..! thankz min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>