DBN#2: Riset Kata Kunci untuk Blog Niche

Hari ini saya sudah selesai mengerjakan riset kata kunci untuk blog niche saya yang saya ikutkan di DBN. Beberapa peserta lain juga sudah selesai sepertinya.

Sebaliknya, proses penentuan kata kunci yang saya lakukan baru clear hari ini. Saya tidak mempunyai kesibukan akhir-akhir ini, kecuali sakit dan pergi ke dokter. Dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh.

Posting ini adalah semacam catatan pribadi tentang pembangunan blog niche yang diikutkan di DBN. Saya mencatatnya di sini dengan harapan Anda dan saya bisa belajar darinya.

Seperti yang telah saya jelaskan di blog ini tentang bagaimana meriset kata kunci. Guna dari riset tersebut adalah:

  • Melihat trends kepopuleran sebuah query pencarian
  • Menentukan arsitektur web.
  • Untuk ide penulisan konten

Selain itu, tentu saja riset kata kunci berguna untuk melihat kompetitor dan potensi monetize yang memungkinkan.

Bagaimana saya mencari kata kunci untuk blog niche?

Saya tidak menggunakan Market Samurai dan Long Tail Keywords, saya memakai alat gratisan. Saya memakai Social Media, Google, Google Trends, Google Keywords Tools, SEOmoz toolbars dan feeling.

Dan saya memutuskan untuk mengambil “college fashion” sebagai primary keywords blog itu.

Tolong dicatat bahwa saya menggunakan feeling saya untuk mengumpulkan kata kunci awal. Dengan pendasaran bahwa kata kunci itu saya anggap potensial. Sehingga jika Anda bertanya bagaimana Anda mendapatkan kata untuk diketikkan di Google? Ya, dari feeling saya.

Jika belum terbiasa dengan cara ini, tampaknya melihat-lihat blog di Flippa, membaca artikel di Squidoo, Ezinearticles dll bisa membantu Anda. Mari kita lakukan riset kita bersama-sama.

Google

Saya lebih suka memulai riset kata kunci saya dengan mengetikkan kata kunci yang telah saya kumpulkan (Dari feeling) di kotak pencarian Google. Sama seperti ketika orang-orang sedang Googling.

Jadi saya ketikkan saja frase itu. Karena memasang SEOmoz toolbar di browser chrome, saya diberi informasi:

  • Page Authority and Domain Authority
  • mozRank™ (mR) dan mozTrust™ (mT)
  • Domain mozRank™ (DmR) dan Domain mozTrust™ (DmT) too!
  • dll

mencari kata kunci

Jadi pasang extension itu.

Google Search Operator

Dengan search operator Anda bisa menampilkan hasil pencarian seperti yang Anda inginkan. Dengan kata lain search operator memberikan Anda kontrol hasil pencarian yang ingin Anda lihat.

Ada banyak search operator Google, tapi yang paling berguna saya kira ini:

  • intitle – Menampilkan hasil pencarian yang memiliki judul setelah operator intitle. contoh: intitle:college fashion akan menghasilkan pencarian halaman yang memiliki judul college fashion.
  • inanchor – contoh: inanchor:college fashion. menghasilkan pencarian halaman yang memiliki anchor teks college fashion.
  • inurl – contohL inurl:/college-fashion. Hasil pencarian yang tampil hanya halaman URL yang memiliki kata tersebut.

riset kata kunci blog niche

Materi yang akan Anda suka

Google Trends

Jika Anda memang membaca artikel tentang Google Trends, maka saya tidak perlu lagi menjelaskan cara menggunakannya. Tidak ada yang spesial di sana, kecuali melihat trends query tertentu. Jadi masukkan saja kata kunci yang ingin Anda cari tahu trends-nya.

Google Keywords Tools

Oke. Anda sudah tahu cara menggunakan alat ini. Hal yang perlu Anda catat hanya, pastikan Anda masuk ke akun Google Adwords Anda sehingga kata kunci yang didapat lebih banyak. Dan alat riset kata kunci seringkali tidak seberapa akurat dalam hal angka pencarian global dan lokal.

menggunakan google keywords tools

Social Media

Saya juga mencoba mengetahui industri “college fashion” dari social media.

Mengapa? Alasan sederhana, social media adalah suara nyata orang yang tertarik, apa yang mereka butuhkan dan apa bahasa yang mereka gunakan. juga Anda bisa melihat orang-orang yang otoritas di industri tersebut.

Jadi saya tinggal menggunakan pencarian di kotak pencarian:
1. Youtube
2. Twitter
3. dan Yahoo Answer

Sekilas Tentang Kondisi Blog Niche Saya

Ya, blog niche saya membidik kata kunci “college fashion“. Ah, saya akan bergelut dengan dunia mahasiswa. Keren juga lah. Silakan intip di www.usensei.com

Di blog tersebut masih ada 2 artikel selain halaman about me. Rencananya akan saya tambah sampai mencapai 5-7 artikel. Ouh, iya artikel tersebut sudah diindeks Google.

Oke. Cool.

4 thoughts on “DBN#2: Riset Kata Kunci untuk Blog Niche

    1. Terima kasih Jefry.. Iya nama itu bukan EMD, saya lagi memastikan saja yang orang2 bicarakan tentang manfaat EMD dan Google Penguin akhir2 ini. Saya kira tidak ada salahnya memakai nama yang unik.. :)

      1. memilih nama domain tidak melulu harus berkeyword ya.. bisa jadi inspirasi saya mendatangnya untuk memilih nama domain buat blog baru nantinya yang unik dan brandable seperti domain blog niche anda :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>