Bagaimana Mengukur Keberhasilan Guest Posting

Ketika Anda melakukan guest posting, atau artikel tamu, jangan menganggap bahwa Anda akan selalu mendapatkan traffic dan konversi dengan jumlah yang sama.

Ya, saya telah menjadi blogger tamu untuk beberapa blog Indonesia, dan saya menghasilkan banyak traffic dari sana. Tetapi setelah saya teliti dari Google Analytics, setiap posting menghasilkan pengunjung yang berbeda.

Karena pada dasarnya traffic yang Anda dapatkan akan berkaitan dengan call to action Anda di artikel tamu tersebut, struktur kalimatnya, dan kecocokan topik blog yang Anda kirimi artikel dan blog Anda. Dan tentu masih banyak lagi faktor penentu yang lain.

Karena ingin memaksimalkan jumlah pengunjung dari artikel tamu yang saya kirim, saya mencoba melakukan analisa kecil-kecilan. Dengan teknik yang akan saya paparkan di sini.

Jadi lanjutkan membaca.

Kemampuan Google Analytics

Ketika Anda ingin mengukur kesuksesan Guest Posting, Google Analytics adalah alat yang benar-benar powerfull. Google Analytics akan membantu Anda mendapatkan data tentang hal tersebut.

Saya kira semua blogger telah memasang kode tracking Google Analytics di blognya. Jadi ini akan mempermudah saya menjelaskan teknik ini.

Jika Anda mengeklik “Traffic Source” kemudian “Referal” di Dashboard akun Google Anaytics, Anda akan melihat semua traffic yang Anda dapatkan dari blog-blog lain yang mengelink ke situs Anda. Termasuk link yang Anda tanam dari guest posting.

Nah, di sana Anda bisa melihat berapa jumlah pengunjung yang Anda dapatkan dari guest posting. Misalkan jika Anda baru saja melakukan Guest Posting di situ A, cari saja situs A/referreal di situ.

Dengan itu Anda bisa membandingkan keberhasilan guest posting Anda di situs A dan situs B, mana yang lebih membuat Anda puas. Sehingga Anda bisa memutuskan situs mana yang lebih Anda prioritaskan.

Tetapi masalahnya, jika Anda telah melakukan guest posting di situs A sebanyak 2 atau lebih, dan Anda ingin melihat artikel mana yang lebih banyak menghasilkan pengunjung dan konversi, Anda akan kesulitan mengukurnya dengan cara tersebut.

Anda harus menggunakan teknik tag Url. Atau dengan kata lain Anda harus menge-tag Url/link yang Anda pakai ketika menanam link di artikel guest posting Anda.

Bagaimana cara Menge-Tag Url?

Ini sangat gampang, Anda bisa memakai alat URL Builder dari Google. Dari sana Anda bisa membuat Url yang bisa Anda gunakan untuk link guest posting Anda di setiap artikel yang berbeda.

Untuk membuat Anda gampang memahami cara ini, Anda bisa melihat guest posting saya di Jhezer. Bandingkan link yang saya tanam di artikel ini dan tulisan ini.

Oke. Pertama Anda butuh mengetikkan alamat Url yang ingin Anda tanam.

Berikut penjelasan kotak form di sana.

Sumber Kampanye: isi kotak form ini dengan alamat situs yang Anda kirimkan artikel tamu. Misal (pengunjungblog, bloggueobo, blogodolar, isnuansa dll)

Media Kampanye: isi kotak ini dengan media kampanye Anda, misalkan tulis saja guestposting1. Di lain kesempatan Anda bisa mengisi guestposting2. Agar Anda bisa mengukur tiap guest posting yang Anda lakukan.

Nama Kapanye: isi dengan nama kampanye Anda. Sebagai contoh saya mengisinya sebagai Google Analytics Ninja, karena saya sedang melakukan promosi kursus tersebut.

Sedangkan kolom istilah kampanye dan isi kampanye hanya opsional! Biasanya itu dipakai di Google Adword dan A/B testing.

guest-posting

Setelah Anda mengisi semua kotak tersebut, Anda klik saja Buat Url. Dan Anda telah menge-tag Url Anda. Anda sudah bisa menanam Url itu.

Sebagai contoh hasil url tersebut seperti ini:

google analytics ninja

Mengecek Keberhasilan Guest Posting di Google Analytics

Berdasarkan cara di atas, berikut contoh data yang bisa saya peroleh.

guest-posting2

Dengan itu saya bisa mengukurnya dengan mudah. Untuk melihat data seperti ini, Anda bisa mengeklik [Traffic Sources] > [Sources] > [Kampanye]

Gunakan data itu untuk memutuskan dimana kampanye guest posting Anda harus difokuskan.

Saya berharap artikel ini mudah Anda pahami, sulit sekali menjelaskannya. Jika Anda mempunyai pertanyaan silakan menuliskannya di kolom komentar. Saya yakin Anda punya.