Bagaimana Menulis Artikel yang Populer di Blog Anda

Apakah Anda ingin konten blog Anda dibaca oleh banyak orang? Jika Anda ingin membangun sebuah blog yang memiliki pembaca yang berjubel, menulis artikel blog jenis ini adalah hal yang sangat Anda butuhkan.

Di posting ini saya akan berbagi tentang hal tersebut. Karena menulis artikel populer juga bisa mendatangkan traffic. Kemudian artikel jenis ini kita sebut artikel pilar.

Terus lah berjuang sekuat tenaga untuk membuatnya.

Coba Anda lihat posting lama Anda yang pernah populer atau paling banyak dibaca oleh pengunjung. Atau tulisan lama Anda yang mendapatkan banyak komentar. Dan Analisa dengan menjawab pertanyaan berikut:

1. Apa yang menjadi ciri khas konten tersebut?
2. Mengapa konten-konten tersebut menarik perhatian audiens Anda?

Ada beberapa rumus yang telah cukup banyak membantu saya membuat posting populer. Saya bagi formula tersebut dalam 5 langkah.

Berikut adalah 5 langkah untuk menulis artikel populer:

 

1. Melakukan Penelitian di Blog-Blog Terkenal

Pengunjung Blog 101 - Traffic WebsiteSaya menganjurkan Anda untuk melakukan melakukan analisa kecil-kecilan di blog-blog favorit Anda. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari blog-blog populer. Ketika Anda mencoba untuk menulis posting, coba lah sesekali untuk melakukan penelitan di blog-blog favorit Anda.

Mudah melakukannya, silakan Anda melihat-melihat daftar tulisan paling populer di blog itu. biasanya blogger menampilkannya di sidebar atau di footer situs mereka. Ulangi penelitian itu 2 atau 3 blog yang berbeda. Bagaimana masing-masing posting menjadi populer? Adakah benang merah yang bisa kita tarik?

Saya telah melakukan penelitian ini dan saya menemukan beberapa unsur yang selalu saya temui. Konten-konten itu membuat orang berkomentar, dan menarik pengunjung menekan tombol share.

Salah satu hal posting dikatakan benar-benar populer adalah mereka tersebar di situs-situs jejaring sosial. Penyebaran itu bukan dari Anda! Tapi dari pengunjung.

2. Pilih Struktur Artikel yang Sudah Teruji

Pernah merasa bahwa begitu banyak karangan-karangan blogger mempunyai format yang sama? Ada alasan hal itu terjadi. Beberapa format atau jenis konten selalu mendapatkan respon yang lebih baik. Jika ingin mengetahui format-format tersebut, silakan melanjutkan:

a. Penulisan judul dengan format: How to (Cara, Bagaimana cara)
b. List Post, ( semisal 5 Blog Blogging Terbaik di Indonesia – postingan di blogodolar)
c. Inspirasi (membuat orang mendapatkan ide dan menyelesaikan masalahnya secara umum)
d. Alasan, ditandai dengan judul Mengapa…

Saya tidak sedang memaksa Anda menggunakan format di atas. Tapi lebih memungkinkan untuk membuat posting populer menggunakan format tersebut.

3. Luangkan Waktu yang Cukup

Di beberapa blog yang telah saya buat, saya menemukan satu hal penting yang harus saya catat baik-baik. Posting populer tersebut kebanyakan dibuat dalam waktu yang lama.

Pengunjung blog Anda sedang mencari sesuatu yang berguna saat mengetikkan kata kunci di google. Mereka menginginkan waktu yang mereka habiskan untuk surfing di internet tidak sia-sia.

4. Membuat Judul yang Menarik

Judul merupakan element peting bagi seluruh jenis tulisan. Apakah itu blog posting, cerpen, novel, berita, buku dll. Judul yang menarik akan membuat pengunjung membaca isi tulisan.

Coba lah untuk meluangkan waktu untuk mengarang judul yang bagus.

5. Membuat Pengunjung Menekan Tombol Share

Di blog-blog berbahasa Inggris saya, saya mendapatkan beberapa posting yang banyak dishare oleh pengunjung. Saya tidak tahu kenapa di Indonesia hal itu jarang terjadi.

Berikut beberapa Alasan orang-orang termotivasi berbagi posting di media sosial:

a. Hutang Budi: Pernahkan Anda mengalami ada orang yang melakukan link ke blog Anda, atau menulis tentang Anda di blog mereka? Apa yang Anda lakukan? Kemungkinan besar Anda melakukan hal untuk membantu mereka juga. Mungkin dengan memberikan link balik atau menekan tombol share.

b. Konten yang Benar-benar Berguna: Menampilkan konten yang benar-benar bermanfaat memberikan alasan tersendiri bagi pembaca. Mungkin mereka akan berpikir, “Ini juga bermanfaat bagi teman-teman saya.” Maka mereka tekan tombol share, tweet, atau like.

c. Bertanya: Kadang-kadang kita harus mengajukan sebuah pertanyaan. Coba lah untuk bertanya konten apa yang mereka inginkan? Ouh iya, sekalian saya ingin bertanya kepada Anda, “Konten apa yang Anda inginkan di blog ini?”

Atau cobalah mengirimkan emai ke beberapa admin blog, yang memberitahukan bahwa Anda memiliki konten yang bernilai bagi pembaca mereka.

d. Tambahkan kalimat di akhir posting agar mereka melakukan sesuatu: jika Anda yakin konten Anda layak untuk dibagi. Anda dapat membuat kalimat seperti, “Jika Anda pikir konten ini bermanfaat, bantu teman Anda untuk menemukan artikel ini juga, dengan menekan tombol share, tweet atau like.”

Bonus! Silakan baca artikel tamu saya: Bagaimana Saya Menulis Artikel Pilar Setiap Minggu Secara Kontinu.

Bagaimana pendapat Anda tentang langkah-langkah menulis artikel populer ini? Adakah saya melakukan sebuah kesalahan? Atau mungkin Anda memiliki tips lain untuk dibagi di sini. Mari kita bahas di komentar!

[Info: Posting ini merupakan seri posting Blog Traffic 101]

9 thoughts on “Bagaimana Menulis Artikel yang Populer di Blog Anda

    1. Ouh, You are welcome, Kang Yudiono. This is my latest project..I have a plan in Indonesia Market. Thanks for your coming.

      1. terimakasih bro atas pencerahannya. baru saya sadari setelah membaca artikel ini, begitu banyak hal yang saya sia-siakan selama ini di dunia blogging, di luar sana banyak blog-blog yang saya sukai, tapi tak pernah saya selidiki (teliti) hal-hal apa saja yang membuat blog tersebut menjadi menarik. segitu aja gan saya ga tau harus berkata apa lagi. saya hanya ingin mengucapkan rasa kepuasan saya atas artikel ini yang saya rasa sangat membantu saya dalam masalah blogging yang saya alami saat ini. salam kenal dan sekali lagi terimakasih banyak atas pencerahannya…

  1. Hmm .. saya sedikit bingung Mas Syaiful. Menurut saya untuk menciptakan artikel yang populer gampang-gampang susah. Benar seperti Mas Syaiful bilang, artikel berbahasa indonesia saya mendapat jumlah share yang lebih sedikit dari pembaca dibandingkan artikel berbahasa Inggris.

    Bagaimana kita bisa mengatakan sebuah artikel populer? banyak variabel yang bisa digunakan seperti jumlah komentar, jumlah tweet, jumlah facebook like atau tanda-tanda lainnya.

    Di tengah situasi persaingan blog yang semakin memanas, sebenarnya untuk mendapatkan status populer kita memerlukan sebuah komunitas yang solid untuk menciptakan popularitas artikel kita, kita perlu dukungan komunitas itu untuk selalu membuat artikel kiat menjadi populer.

    Saat ini banyak blogger merasa patah semangat mendapati artikel blognya sepi komentar, dan tanpa ada tambahan share media sosial satupun. Karena memang kualitas saja tidak cukup untuk mencapai status populer, kita perlu dukungan sosial dari sebuah komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>