Bagaimana Cara Memasang Kode Tracking Google Analytics (Video)

Mengenali Diri Sendiri akan Memudahkan Anda Menemukan Kekuatan Terbaik yang Anda Miliki

Halo di sana Pembaca Pengunjung Blog. Pada broadcast kali ini kita akan berdiskusi tentang cara memasang kode tracking Google Analytics. Sebuah layanan yang dinaungi oleh “big player” internet; Google.

Memasang script Google Analytics memungkinkan kita mengetahui apa yang terjadi di blog atau website Anda. Itu berarti kita akan diberikan data (dalam bentuk metriks) tentang bagaimana pengunjung atau pembaca blog Anda berinteraksi dengan blog yang Anda miliki.

Banyak hal yang bisa kita peroleh sebenarnya.Seperti menaikkan tingkat konversi blog (penjualan atau pencapain goal yang Anda punya).

Jika Anda ingin membuat blog Anda menjadi lebih user friendly, meningkatkan penjualan, atau mendapatkan uang dari aktivitas blogging, Anda harus memasangnya. Percayalah. Tapi tolong dicatat Google Analytics membantu Anda mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan blog dan visitor. Bukan secara langsung bisa meningkatkan penjualan atau mendapatkan uang.

Meskipun sebenarnya banyak Web Analytics lain yang ada di internet, seperi KISSMetrik, Clicky semisal. Tapi GA adalah layanan web analytics yang sering digunakan, dan GRATIS. Apalagi KISSmetrik adalah layanan berbayar.

Sebelum Anda belajar lebih teknik-teknik menggunakan GA lebih lanjut, maka saya sarankan Anda belajar dari video ini terlebih dahulu.

Di Video ini Anda Akan Belajar:

  1. Kemampuan Google Analytics
  2. Mendaftar dan Mendapatkan Akun
  3. Memasang Kode Tracking secara Manual
  4. Memasang dengan Fitur Theme yang Anda Pakai

(ketika memasang kode tracking saya lebih menyarankan Anda menaruhnya di tag header daripada footer. Atau di atasdi header.php theme yang Anda pakai)

Item-Item yang saya bahas:

  1. Google Analytics
  2. Genesis Framework (Studiopress)
  3. Goblog Themes

Enjoy, and I’d love your comments below!