Content Strategy: Senjata Lain Yang Harus Blogger Tahu

Sejak seminggu kemarin saya belajar Content Strategy. Awalnya dipicu oleh artikel-artikel di copyblogger. Tetapi karena pembahasan di sana sudah level advance, saya kesulitan mencernanya.

Berangkat dari situ, saya mencari referensi-referensi tentang dasar-dasar Content Strategy. Kemudian sampailah saya kepada pemahaman bahwa ini merupakan senjata lain yang harus kita kuasai.

Berikut hasil pembelajaran saya selama seminggu ini, saya akan sangat senang jika Anda mau menambah atau mengkritiknya. Sehingga kita bisa sama-sama belajar.

Jadi, apa itu content strategy?

Secara bahasa, content adalah informasi inti, atau materi. Sedangkan strategi adalah sebuah rencana, atau rangkaian manuver untuk mencapai tujuan tertentu.

Kristina Halvorson, pendiri Brain Traffic, menjelaskan content strategy adalah planning for the creation, delivery, and governance of useful, usable content.

Jadi ini tentang mengevaluasi bisnis kita dan apa kebutuhan kostumer sebenarnya, sehingga kita bisa menciptakan/mengembangkan content kita untuk mencapai tujuan tertentu.

Ini tentang bagaimana menganalisa, merencanakan, menulis, editing, menyebarkan kontent, kemudian kembali ke menganalisis lagi.

Mengapa itu Penting?

Sejak kita menganalisa kebutuhan kostumer (pembaca blog pada kasus kita), kita telah berada di tingkat melayani pengunjung yang datang. Dan karena Anda selalu menganalisa kebutuhan mereka, artikel Anda lebih memungkinkan untuk mereka senangi.

Dan sejak Anda masuk pada prakteknya, Anda akan lebih mengetahui produk apa yang lebih mereka suka.

Kita tidak perlu menerapkan Content Strategy seperti yang dilakukan oleh blog (yang bekerja dengan tim) atau indsutri yang besar. Kita hanya butuh untuk mengetahui Goal kita, apa kebutuhan pembaca Anda, dan bagaimana kita membantu mereka, dan mencapai goal kita.

Jadi jika kita buat sketsanya seperti ini:

konten-strategi

Bagaimana Kita Memulai?

Satu hal yang paling sulit ketika kita memulai sesuatu yang baru adalah bagaimana memulainya. Itu pun terjadi pada kasus ini.

Tetapi kabar baiknya, sejak kita telah memulai dan melakukannya kita akan terbiasa dan menjadi lebih ahli dari waktu ke waktu.

Karena itu untuk membantu Anda memulai saya telah menyiapkan WorkSheet. Sehingga Anda bisa cepat memulainya.

Anda sekarang bisa mendownload worksheet tersebut dengan mengisi form di bawah ini.

9 thoughts on “Content Strategy: Senjata Lain Yang Harus Blogger Tahu

    1. Selamat datang mas Andank,

      ouh terima kasih sebelumnya..Ini bukan tentang SEO (pada artikel ini). Ini tentang content strategy (cukup berbeda tajam)..content strategy hanya berbicara membuat content, menyebarkannya (tidak peduli di search engine, social media, atau komentar blog), kemudian menganalisisnya lagi.. pada tahap menyebarkan dinamakan content marketing..

      Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) tentang memaksimalkan traffic dari mesin pencari..

      Saya juga sangat enjoy menulis, mas.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>