Hanya Ada 7 Hasil Pencarian di Google?

Sebenarnya ini adalah informasi lama yang telah beredar di blog-blog bertopik search engine optimization. Danny Sullivan dari Search Engine Land juga pernah membahasnya. Anda bisa membacanya di sini. Kemudian di Search Engine Watch, ada Danny Goodwin yang menulis ulasan yang menarik.

Dua tulisan itu saya anggap merupakan artikel terbaik untuk mempelajari isu bahwa Google hanya menampilkan 7 hasil pencarian. Yang biasanya 10. Berkurang 3 buah.

Artikel ini mencoba menginjakkan teori/opini dua artikel itu ke tanah. Artinya mencoba mengklarifikasi apakah kondisi tersebut juga terjadi di Indonesia? Apakah Google memberlakukan itu secara global? Atau hanya untuk orang-orang USA? Atau hanya untuk pasar bahasa Inggris?

Dua artikel itu sama-sama menjelaskan bahwa hasil pencarian yang berjumlah 7 (tujuh) hanya terjadi jika Anda mengetikkan query kata kunci untuk nama brand tertentu. Untuk query umum masih berjumlah 10 (sepuluh).

Kamil dari Kejar Duit sempat menyinggung ini dalam postingnya [Rekap] Perubahan Algoritma Google yang Paling Membawa Pengaruh Blogger dan Marketer Dunia. Artikel “mengagumkan” tersebut mengatakan bahwa Search Engine Result di Google telah diubah menjadi 7. Tapi dia tidak mengatakan bahwa hasil itu hanya untuk nama brand.

Berikut saya mengetes hasil pencarian Google di komputer saya. Anda juga bisa mengetes-nya di komputer Anda. Untuk mendapatkan data apakah memang benar Google Mengubah angka 10 ke 7 untuk semua query seperti dalam artikel Kamil.

Berikut hasil pencarian saya untuk kata kunci “Kompas”. Lihat sendiri hasilnya di sini.

hasil pencarian kompas

Dan saya juga mencoba hasil pencarian untuk “Yamaha”. Untuk query Yamaha kadang menghasilkan 8 hasil pencarian, saya mengetahuinya ketika saya pindah ke Komputer Kakak Kandung saya. Lihat sendiri hasil pencariannya di sini.

hasil pencarian Yamaha

Ada yang menarik dalam coba-coba nama Brand Indonesia ini. Saya menemukan bahwa tidak seluruhnya hasil pencarian nama brand akan berjumlah 7 tapi kadang berjumlah 8. Seperti hasil pencarian untuk Zalora dan Yamaha (seperti penjelasan sebelumnya). Coba lihat sendiri.

zalora-search-results

Untuk kata kunci/query umum seperti belajar SEO, mempercepat loading blog, memasang kode tracking Google Analytics tetap berjumlah 10 sejauh yang saya lihat. Berikut hasil pencarian untuk kata kunci Belajar SEO. Lihat Sendiri di sini.

belajar-seo-search-results

Dari investivigasi saya, saya menyimpulkan perubahan tersebut hanya berlaku pada nama brand tertentu. Untuk nama brand yang belum populer ternyata masih menghasilkan 10.

Sangat menarik perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Google. Secara opini pribadi saya suka dengan desain baru mereka yang terlihat lebih minimalist.  Dan terkadang ada foto profile, bintang atau video di sana. Saya suka desain itu. I like it.

 

7 thoughts on “Hanya Ada 7 Hasil Pencarian di Google?

  1. oh ternyata cuman keyword tertentu ya.. saya kemarin juga sempet nyoba nyoba masukkan keyword, dan semuanya hanya ada 7.

    trus denger-denger, ada update lagi dari google. Ada tambahan preview image untuk keyword tertentu. Jadi ga perlu buka tab “images”, sudah keluar sendiri di bagian bawah kotak query. Sayang saya belum bisa buktikan, jadinya ya terpaksa ga saya tulis di artikel yang satu itu.. :oops:

    oiya btw, selamat ya mas, itu videonya masuk halaman pertama serp :D

  2. Baru tau saya. Dari riset yang baru saya lakukan ternyata kata kunci yang spesial/khusus hanya muncul 7 di SERP, dan ternyata termasuk website saya salah satunya “klickshop”.
    Thanks gan sangat bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>