Cara Mendapatkan Rich Snippet Video

Tutorial mendapatkan hasil pencarian video telah dijelaskan oleh Google di Google Support, tetapi tidak semua orang akan mengerti tutorial itu. Sederhana, karena jarang sekali publisher mengupload video mereka langsung di server mereka. Publisher, tidak terkecuali saya memakai jasa video hosting untuk menyimpan dan memutar video.

Karena itu, saya memutuskan untuk menulis posting ini, untuk membantu Anda memahami proses bagaimana mendapatkan hasil pencarian seperti ini.

hasil rich snippet video markup pengunjung blog

Hasil pencarian di atas adalah indeks konten saya untuk halaman yang saya targetkan mendapatkan rangking bagus untuk kata kunci Belajar SEO. Di halaman cornestone itu saya memang mengembed sebuah video. Anda akan menemui hasil pencarian seperti di atas jika Anda mengetikkan kata kunci Belajar SEO di Google.

Jadi bagaimana saya bisa mendapatkan hasil pencarian seperti di atas? Itu bisa dicapai dengan membuat XML Video Sitemap. Sebagai tambahan saya juga menambahkan schema.org/VideoObject di halaman/posting yang memiliki video. Ingin tahu? Lanjutkan membaca. :)

Dasar Membuat XML Video Sitemap

Seperti namanya, XML Video Sitemap adalah file XML yang berisi informasi meta data dari video Anda, yang memungkinkan mesin pencari menemukan dan mengindeks video tersebut.

Seperti yang saya katakan, Google sudah memiliki tutorial untuk membuat video sitemap. Tetapi istilah yang mereka gunakan adalah istilah teknis. Jadi saya menuangkannya ke dalam bahasa awam, sehingga Anda bisa memahami apa yang mereka maksudkan. Karena untuk membuat XML video sitemap, Anda harus paham tag-tag apa yang ada dan bagaimana menggunakannya.

Tag Diperlukan? Penjelasan
<loc> Ya URL atau permalink dari halaman yang berisi video.
 <video:video> Ya Semua informasi tentang video Anda harus berada di dalam tag ini.
 <video:thumbnail_loc> Ya Tag ini berisi URL yang mengarah ke thumbnail gambar untuk video. Ukuran minimal gambar adalah 160 x 90 piksel dan paling besar 1920×1080 piksel. Sebaiknya gambar disimpan dengan format. Jpg,. Png, atau. format gif.
 <video:title> Ya Judul dari video Anda, best practice-nya sama dengan cara menulis title tag. Paling panjang 70 karakter.
 <video:description> Ya Deskripsi dari video Anda, best practice-nya sama dengan cara menulis meta description. Paling panjang 160 karakter.
<video:duration> direkomendasikan Durasi video Anda dalam satuan detik.
<video:content_loc>

<video:palyer_loc>

Ya Kedua tag ini bisa digunakan untuk menyertakan url ke file video Anda. Video Anda harus dalam format mpg, .mpeg, .mp4, .m4v, .mov, .wmv, .asf, .avi, .ra, .ram, .rm, dan .flv.
<video:publication_date> direkomendasikan tanggal publikasi video Anda, tag ini hanya harus berisi angka. Formatnya adalah (yyyy-mm-dd).
<video:category> direkomendasikan Ini adalah kategori topik video Anda, seperti ketika Anda menulis konten di WordPress dan menentukan kategori untuk konten tersebut. Misal: tulisan ini saya masukkan ke dalam kategori SEO.
<video:tag> direkomendasikan Ini adalah topik yang lebih khusus dari <video:category>.
<video:uploader> direkomendasikan Ini harus berisi sebuah URL profile orang yang mengupload video. Saya menyarankan di halaman profile Anda berisi rel=”author”.

Jadi, persyaratan minimal untuk membuat XML video sitemap adalah sebagai berikut:

  1. URL dari halaman yang ada videonya
  2. URL dari gambar thumbnail untuk video
  3. URL dari file video atau halaman video player Anda.

Anda bisa menulis video sitemap Anda di software/program editor seperti Notepad, Sublime text, dan lain-lain. Contoh penulisan video sitemap adalah sebagai berikut:


<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9"
        xmlns:video="http://www.google.com/schemas/sitemap-video/1.1"> 
   <url> 
     <loc>http://www.example.com/videos/some_video_landing_page.html</loc>
     <video:video>
       <video:thumbnail_loc>http://www.example.com/thumbs/123.jpg</video:thumbnail_loc> 
       <video:title>Grilling steaks for summer</video:title>
       <video:description>Alkis shows you how to get perfectly done steaks every            
         time</video:description>
       <video:content_loc>http://www.example.com/video123.flv</video:content_loc>
       <video:player_loc allow_embed="yes" autoplay="ap=1">
         http://www.example.com/videoplayer.swf?video=123</video:player_loc>
       <video:duration>600</video:duration>
       <video:expiration_date>2009-11-05T19:20:30+08:00</video:expiration_date>
       <video:rating>4.2</video:rating> 
       <video:view_count>12345</video:view_count>    
       <video:publication_date>2007-11-05T19:20:30+08:00</video:publication_date>
       <video:family_friendly>yes</video:family_friendly>   
       <video:restriction relationship="allow">IE GB US CA</video:restriction> 
       <video:gallery_loc title="Cooking Videos">http://cooking.example.com</video:gallery_loc>
       <video:price currency="EUR">1.99</video:price>
       <video:requires_subscription>yes</video:requires_subscription>
       <video:uploader info="http://www.example.com/users/grillymcgrillerson">GrillyMcGrillerson
         </video:uploader>
       <video:live>no</video:live>
     </video:video> 
   </url> 
</urlset>

Ketika Anda sudah membuat video sitemap Anda, silakan upload ke server Anda dan kirimkan ke Google melalui Google Webmaster.

Membuat Video Sitemap untuk Setiap Video Hosting yang Digunakan

Apakah subjudul di atas keren? Meski pun subjudul di atas keren dan terkesan akan membahas seluruh video hosting yang ada, akan tetapi pada kenyataannya saya hanya akan membahas video hosting yang saya tahu saja. Karena mustahil membahas sesuatu yang tidak saya ketahui.

Jadi jika video hosting yang Anda gunakan tidak saya bahas, tolong jangan marah. Anggap saja subjudul di atas sebagai pancingan agar Anda melanjutkan membaca. Meski pun begitu jangan menyerah karena subjudul di atas, karena Anda masih bisa menarik kesimpulan dari contoh di bawah. Dan menerapkannya di video hosting Anda.

Vimeo

Anda bisa mendapatkan URL video player video Anda di vimeo dengan mengeklik “share” di video tersebut. Kemudian cari URL seperti http://vimeo.com/moogaloop.swf?clip_id=12345678. URL itu biasanya ada setelah tag src="" di Iframe.

vimeo

Catatan: Saya tidak seberapa yakin menaruh video Anda di vimeo dengan akun gratis adalah strategi bagus. Ingat, sebagai pemilik akun gratis Anda tidak bisa membuat video itu disetting private. Sehingga halaman Anda dan halaman di Vimeo akan bersaing untuk video yang sama dan mungkin saja kata kunci yang sama.

Wistia

Anda memakai Wistia? Wow, Anda akan bahagia sekali membaca posting ini. Karena jika Anda menggunakan Wistia, sayang sekali Anda tidak perlu membuat video sitemap secara manual. Mohon maaf. :)

Karena mereka telah membuatkannya untuk Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah klik Video SEO. Dan masukkan URL itu di robots.txt.

wistia

Enak, ya? Sepadan dengan harganya.

Vzaar

Jika Anda memakai Vzaar, buatlah video sitemap sendiri karena mereka tidak membuatkannya untuk Anda. Tapi itu cukup mudah, kawan. Berikut langkah-langahnya:

  1. Masuk ke Vzaar dengan username dan passwords Anda.
  2. Scroll ke bawah, cari link “advanced video links”. Klik link itu.

vzaar

Poster frame adalah URL untuk gambar thumbnail dan video adalah file video Anda. Tinggal klik copy dan paste di editor Anda dimana Anda menulis video sitemap.

Youtube

Jika Anda mencoba untuk mendapatkan rich snippet dengan mengembed video Anda yang Anda upload di Youtube, maka Anda doing it wrong.

Youtube bagus untuk pemasaran, tetapi untuk mendapatkan rich snippet akan sulit. Seringkali Youtube lah yang mendapatkan rich snippet di hasil pencarian daripada domain Anda.

Untuk mendapatkan video player di Youtube, lihat URL video Anda di sana. Dan ingat-ingat unik ID-nya. Misalnya video Anda di http://www.youtube.com/watch?v=b43QNkqXwxE maka playernya adalah di https://www.youtube.com/embed/b43QNkqXwxE.

Dan untuk thumbnailnya ada di http://i3.ytimg.com/vi/b43QNkqXwxE/maxresdefault.jpg.

Video Press

Ini adalah jasa yang dimiliki oleh WordPress. Layanan ini berbayar. Jika Anda menggunakan Video Press, maka ikuti langkah berikut:

  • Lihat shortcode yang diberikan Video Press.
  • Semisal shortcode tersebut [ wpvideo DpS7bfg6 ]
  • Video player Anda akan berada di http://s0.videopress.com/player.swf?guid=DpS7bfg6.
  • Masukkan URL Video player tersebut di sitemap Anda.

Schema.org/VideoObject

Tag-tag yang ada di schema.org mudah dipahami oleh mesin pencari, tidak hanya Google tetapi juga Yahoo, Bing dan bahkan Ask. Well, sebenarnya saya telah menuliskan tutorial cara membuat schema.org/VideoObject di sini, Anda bisa membacanya di sana.

Itu adalah posting lama yang mungkin Anda lewatkan, jadi pastikan Anda membacanya agar memahami proses cara mendapatkan rich snippet video.

Kesimpulan

Perpaduan XML Video Sitemap dan schema.org/VideoObject akan memberikan sinyal kuat kepada mesin pencari bahwa suatu halaman posting memiliki sebuah video. Dua tekhnologi tersebut, memungkinkan mesin pencari lebih mudah mengcrawling sebuah video.

Untuk pengguna WordPress bisa memakai plugin saya: WP Viseo yang akan membuatkan Anda video sitemap secara otomatis, dan menambahkan schema.org/VideoObject.  Plugin itu akan menghemat waktu Anda, dan plugin itu tentu saja saya gunakan di Pengunjung Blog untuk mendapatkan rich snippet video.