Catatan Traffic #2 April 2012: Kekuatan Blogger Tamu

Selamat datang di catatan traffic lagi. Jika Anda tidak tahu apa ini, setiap bulan saya menulis tentang pencapaian traffic yang saya peroleh selama satu bulan.

Tidak peduli pencapaian itu jelek atau kah bagus. Karena saya membagikannya, bukan hanya untuk study kasus buat Anda. Tetapi juga sebagai catatan pribadi. Sebagai bahan evaluasi saya untuk menggali medan bahasa Indonesia.

Sebelumnya mohon maaf karena catatan traffic untuk bulan April telat saya tulis. Karena kesibukan kuliah dan melakukan testing di sana dan di sini.

Catatan ini akan mengkover laporan per tanggal 11 April sampai 10 Mei. Dan berikut hasil yang saya dapatkan.
catatan-traffic1

Kekuatan Blogger Tamu

Periode tanggal 11 April sampai 10 Mei setidaknya saya melakukan 2 posting tamu. Yaitu di Blogguebo dan Jhezer. Uniknya 2 blog tersebut menghasilkan banyak visitor baru.

Sejak posting saya diterbitkan, setiap harinya ada pengunjung baru yang datang dari link yang saya tanam. Link yang saya tanam dengan anchor text- dengan frase kata kunci yang saya target.

Tetapi yang lebih menggembirakan adalah guest posting yang saya lakukan di bulan kemarin tetap memberikan saya “asupan gizi”. Yaitu blogodolar dan isnuansa.

Karena laporan ini telat, saya memiliki pandangan yang lebih luas. Sampai posting ini saya tulis blogguebo dan jhezer saling kejar-mengejar. Terima kasih kepada Medhy dan Jhezer. You are rock!

Jadi kesimpulan sementara saya, guest posting ini powefull. Tidak hanya untuk membangun link, tetapi ternyata konsisten. Jika guest posting Anda tidak dihapus, maka itu adalah aset yang sangat berharga.
catatan-traffic3

Konversi Traffic

Saya bukan orang yang tergila-gila dengan lalu lintas blog. Meski pun andaikata saya sudah memiliki traffic berlimpah, saya akan tetap memperhatikan tingkat konfersi yang saya hasilkan.

Untuk blog baru, saya selalu menetapkan target mendapatkan RSS subscribers. Karena ini cara termudah mengukur tingkat ketertarikan pembaca saya. Dan saya bisa mengukurnya dengan angka.

catatan-traffic2

Pencapaian bulan ini menurun. Bulan Maret saya mendapatkan 30 pelanggan sedangkan bulan ini hanya 11 pelanggan. Tetapi bagi saya ini tetap menggembirakan.

Hasil Strategy SEO Saya

Saya ingin jujur kepada Anda, bahwa target kata kunci yang saya bidik adalah Belajar SEO. Di samping tingkat kepopulerannya yang tinggi, saya ingin melihat bagaimana teknik yang saya terapkan bekerja di kompetisi yang ketat.

(karena saya sudah sering mencoba memakai domain kata kunci (yang rata-rata memang selalu berhasil) -sekarang saatnya saya mencoba hal baru)

Seperti yang Anda lihat – jika Anda mengetikkan kata kunci Belajar SEO – Anda akan melihat hasil pencariannya didominasi dengan domain yang mengandung frase tersebut. itu berarti, merebut posisi itu untuk waktu dekat akan sulit.
catatan-traffic4

Untuk bulan april saya hanya kebagian pengunjung segitu dari sasaran keyword utama saya. Tidak apa-apa karena target saya adalah jangka panjang. Bahkan menurut perkiraan saya, saya tidak akan mendapatkan traffic sama sekali.

Terima kasih atas dukungan Anda. Btw, bagaimana hasil pencapaian Anda bulan ini?

 

10 thoughts on “Catatan Traffic #2 April 2012: Kekuatan Blogger Tamu

  1. Halo Mas Syaiful,
    Saya baru ngeh-setelah beberapa kali berkunjung. Konsep “laporan bulanan” memang masih jarang dipraktikan blogger Indonesia. Semoga konsep ini bisa bertahan di pengunjung blog.com.

    Saya ingin memberi masukan sedikit Mas (gapapa ya). Dibilang di laporan bulanan ini Mas Syaiful tidak tergila-gila dengan lalu lintas blog? Menurut saya justru seharusnya Mas Syaiful tergila-gila dengan lalu lintas blog. Karena hal ini yang menjadi Unique Selling Proposition dari pengunjungblog.com.

    Pertama kali saya berkunjung kesini cuma satu yang saya pikirkan, blog ini seperti penjelmaan ThinkTraffic.net versi Indonesia.

    So keep up the good work. Dan sukses selalu :D

    1. mas, Okto tentang thinktraffic.net milik corbett barr, saya memang pembaca setianya dan beberapa bulan kemarin sebelum blog ini saya menjadi muridnya di kursus Start Blog That Matter..

      Ouh iya, tentang saya tidak tergila-gila dengan traffic mungkin akan bertentangan dengan USP saya. Tapi saya menggandengnya karena saya ingin mengatakan bahwa konfersi bagi saya lebih penting..that is it.

  2. sesekali anda harus guest posting juga diblog desain saya psdesain :)
    Saya sendiri suka membaca membaca catatan traffik anda setelah yang pertama dulu, setidaknya memberikan sedikit pembelajaran untuk saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>