Studi Kasus: Bagaimana Medhy Aginta Membangun Link untuk Blogguebo

membangun link

Membangun link untuk sebuah blog masih diperlukan walau pun Panda 3.3 dan 3.4 lahir. Perbedaannya, muncul faktor sinyal social media dan radar Google untuk anchor text. Jika Anda berlebihan memakai kata kunci utama, itu berbahaya.

(faktor lain yang berubah, tetapi tidak berhubungan dengan link builiding adalah lebih berpengaruhnya faktor on page).

Anda bisa membaca posting Neil Patel untuk menghindari kesalahan Anda membangun link untuk blog Anda. Tetapi mohon maaf, artikel itu memakai bahasa Inggris.

Untuk membantu Anda meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari, saya akan memberikan hasil wawancara saya dengan Medhy Aginta. Pemilik Blogguebo. Topik wawancara tersebut adalah bagaimana membangun link.

Blogguebo sendiri adalah blog yang cukup populer di dunia blogging Indonesia. Prestasi dan pencapaian Medhy, bisa Anda lihat di halaman Tentang Saya di bognya.

OK, Let’s Go….!

Tolong ceritakan kepada pembaca kami tentang traffic blogguebo! Dan top sumber-sumber traffiknya?

Traffic Blogguebo tidak banyak kok Mas Syaiful. Cuma 500-1000 visitors/day. Sumber utama traffic masih organic traffic (Google SE). Kurang lebih 70% (sumber Google Analytic). Lainnya dari blog lain dan direct traffic.

Bagaimana cara Anda bersaing dengan kompetitor (blogger lain) di niche Anda?

Dari awal Blogguebo memang fokus di niche “menghasilkan uang dari blog” (make money from blogging). Secara lebih spesifik lagi, menghasilkan uang untuk blog berbahasa Indonesia. Selain itu tentu saja konten yang bagus dan dukungan backlink saya kira juga penting. Masih wajar-wajar saja kok. :)

Bagaimana Anda membangun link untuk blogguebo? Apakah awalnya dengan guest posting?

Hehehe. Saya belum pernah menulis untuk guest posting. Backlink dengan cara kuno saja, dengan membuat dummy blog dan link exchange.

(Maksud dummy blog adalah blog yang dibuat hanya untuk memberikan backlinks)

Apa kah kesulitan dan keunggulan dari cara Anda tersebut untuk membangun link?

Kesulitannya tentu karena harus membuat sendiri semuanya. Keunggulannya saya kira karena normal, tidak diusik oleh Google. :)

Bagaimana strategi Anda membuat anchor text untuk backlinks blogguebo, sehingga tidak over optimization?

Yang paling penting tidak menggunakan anchor text yang sama dan semua mengarah ke homepage. Jadi deep linking. Saya malah suka mengarahkan link ke halaman-halaman yang jarang dibuka pengunjung Blogguebo.

(Deep linking adalah backlink yang mengarah ke salah satu halaman situs- bukan homepage)

Bisa kah Anda menceritakan, bagaimana efek traffic dari mesin pencari setelah Anda membangun link?

Harus diakui backlink tetep penting. Social media sekarang juga penting, tapi saya kira belum saatnya kita meninggalkan backlink sama sekali. Traffic organik juga terpengaruh kok.

Untuk dunia blogging Indonesia, apa cara terbaik membangunk backlink? Mengingat di Indonesia tidak ada (atau belum populer) situs seperti ezinearticles?

Kalau cara white hat, saya kira ya membuat dummy blog, link exchange, submit ke social bookmarking, link relate ke social media dan meninggalkan link komentar di blog lain. Cara black hat saya nggak tahu. :)

Apakah menurut Anda tentang guest posting merupakan cara terbaik untuk membangun link di dunia blogging Indonesia?

Guest posting belum terlalu populer di Indonesia. Padahal untuk membangun backlink, guest posting sangat bagus efeknya. Mungkin karena belum banyak blogger Indonesia yang benar-benar mau menulis dengan bagus (apalagi untuk blog lain) ya.

Pernahkan Anda membeli link untuk blogguebo? Jika tidak, kenapa?

Hehehe. Nggak pernah Mas. Males saja. Blogguebo bukan blog utama saya. :)

Satu pertanyaan lagi, tolong beri gambaran umum bagaimana cara terbaik membangun traffic dari mesin pencari kepada pembaca kami.

Wah, ini agak sulit menjawabnya. Tapi prinsipnya saya kira harus paham SEO dengan baik dan menerapkannya untuk blog kita. Dengan SEO kita tidak perlu harus membayar biaya iklan untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Dan yang pasti organic traffic akan lebih kuat bertahan, tidak sesaat.

Terima kasih atas kesempatan wawancaranya, Mas.

Happy blogging!

Jadi, jangan menggunakan anchor text yang sama dan arahkan ke single post-bukan homepage ketika membangun link untuk blog Anda. Terima kasih sudah berbagi Mas Medhy.

Bagaimana Menurut Anda?

 

18 thoughts on “Studi Kasus: Bagaimana Medhy Aginta Membangun Link untuk Blogguebo

  1. surprise juga kalo bener trafik nya 500-1000/day dengan alexa rank jauh diatas saya :)
    dummy blog sekarang mungkin mulai berkembang ke dummywheelblog ya?

    1. saya kira itu tidak mustahil, karena blogguebo menempati #1 di beberapa kata kunci “panas”..
      saya sendiri kurang suka dengan dummy blog, mascayo, jadi tidak tahu apa itu dummywheelblog..strategi saya selalu memakai guest posting dan artikel marketing..hehehe

  2. saya baru tahu ttg guest posting dar artikel ini sama artikel di web ini yg saya baca sebelumnya. ttg anchor text yg tidak hanya mengarah ke home page sy sudah mempraktekkannya cuman bahasanya saja yg tidak sy ketahui, deep linking.

    nashwashop.co
    menerima reseller stok dan reseller dropship diseluruh wilayah indonesia.

  3. deep link itu apakah maksudnya link di dalam web sndiri?
    saya masih newbie di dunia blogging, banyak istilah yang belum mengerti jadinya hehe..

    klo link exchange sih sering, tapi klo dummy blog apa aman2 aja y? takut kena semprot om google lagi…

  4. Saya sangat suka sekali dengan artikel ini….
    Intinya usahakan menggunakan anchor text yang beragam….
    bagaimana cara mendapatkan ancor text tersebut?
    anda bisa menggunakan google suggestion atau ubbersuggest.org
    sehingga hal ini akan lebih terlihat natural di mata google

  5. wow pembahasan studi kasus yang bagus sekali mas, saya mendapatkan kesimpulan membangun backlink dengan deep link terlihat kelihatan natural dan melalui guest posting lalu membangun traffic dari mesin pencari kepada pembaca setianya melalui organic traffic. terima kasih salam kenal.

  6. Sebagai orang baru di dunia blogging, rasa-rasanya sangat senang ketika membaca artikel semacam ini. Sambil mendalami istilah dalam blogging, sekaligus memperkenalkan diri.. Hehe
    Thanks, Bloguebo
    Thanks, Owner this blog
    Thanks, Rekan-rekan
    Salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>