Bagaimana Memilih Topik Blog yang Tepat dengan Tujuan Anda

wordpress101Bagaimana memilih topik blog yang tepat? Bagaimana menentukan niche blog yang cocok dengan tujuan? Pertanyaan ini akan berusaha saya jawab di sini.

Anda mungkin pernah mendapat nasehat para internet marketer dan blogger bahwa untuk memilih topik sebuah blog kita harus melakukan riset terlebih dahulu.

Mereka menunjukkan cara bagaimana menggunakan Google Keyword Tool, Google Suggest, Market Samurai, sampai Long Tail Pro. Baik, itu sangat membantu.

Tapi itu nasehat yang terlalu rumit, bukan? Saya tidak hendak mengatakan bahwa nasehat itu salah. Nasehat itu malah sangat membantu. Di posting ini, saya hanya ingin memberikan cara lain bagaimana cara memilih topik blog.

Ada satu hal yang harus dicatat: tidak ada cara tunggal, umum, berlaku untuk semua kondisi, untuk memilih topik blog. Topik terbaik, saya yakin tergantung pada keadaan diri kita masing-masing dan apa yang Anda harapkan dengan aktivitas ngeblog.

Sebelum melangkah lebih jauh – saya ingin mengatakan bahwa tujuan saya membahas bab ini adalah bagaimana memilih topik blog. Sehingga, tidak masalah tujuan Anda apa. Apa kah Anda ngeblog buat mencari uang atau mencari makna.

Definisi Topik Blog

Oke. Pertama, saya ingin mendefinisikan apa itu topik blog bagi pemula. Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian topik adalah objek pembicaraan dan pembahasan – baik dilihat dari objek formal dan material. Gampangnya, ketika kita belajar biologi, apa yang kita bahas? Kira-kira ini: makhluk hidup.

Ketika saya mulai ngeblog, saya hanya ingin tulisan saya: puisi, cerpen dan opini saya dibaca oleh orang lain. Karena waktu itu saya masih belum mampu mempublikasikannya di media cetak. Saya sangat senang sekali ketika ada orang berkomentar di blog gratisan saya itu. Pada saat itu, saya harus belajar bagaimana cara menulis dengan benar.

Setelah 6 bulan berjalan, puisi-puisi saya masuk di Majalah Sastra Horison, Jawa Post, Berita Pagi, Jurnal Medan dan Batam Post. Hal itu memberi saya pelajaran penting: ngeblog merupakan alat bagus untuk mencapai tujuan antara (sasaran, red).

Dan saya memulai ngeblog dengan topik perkembangan diri – alasannya saya ingin membuat diri saya lebih baik. Saya berkomitmen apa yang saya katakan di sana juga harus saya lakukan. Saya menulis artikel tentang belajar bahasa Inggris di sana. Saya pun di dunia nyata belajar bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Selain dibantu dengan dosen-karena saya masih kuliah.

Tidak saya sangka artikel bahasa Inggris saya masuk di ezinearticles dan goarticles. Hei, itu sebuah kemajuan hidup yang cukup mengagumkan, bukan? Mengingat nilai bahasa Inggris saya di semester 1 dan 2 selalu C. Sekarang di Semester 3 dan 4 sudah bisa berada di grade A.

Pelajaran-pelajaran itu membuat saya memulai dan membangun Pengunjung Blog, dan sekarang blog baru saya ingin membantu Anda mendapatkan traffic blog. Baca di halaman about me, kenapa kita perlu cukup traffic buat blog kita.

Kemungkinan besar, kita tidak akan tahu yang mana dari keputusan dari pemilihan topik blog kita, yang akan memberikan seperti apa yang kita inginkan. Tetapi jangan khawatir, satu hal yang dapat dan penting kita lakukan adalah memulainya.

Berikut beberapa hal yang saya ketahui bagaimana memilih topik, yang membuat Anda lebih mudah mencapai apa yang kita inginkan setelah Anda mulai ngeblog. Gunakan informasi ini untuk membantu Anda, tapi jangan biarkan ini membingungkan Anda. Pastikan Anda memilih topik sesuai kriteria Anda.

Saya harap, saya cukup jelas memberikan informasi ini:

Kemajuan Lebih Penting dari pada Kesempurnaan:

“Anda selalu bisa mengubah topik Anda nanti, atau bahkan merombaknya secara keseluruhan.”

Pada kasus ini, saya membangun Pengunjung Blog untuk mendapatkan setidaknya uang. Saya membayangkan maksimal 2 tahun ke depan, blog ini telah memberi saya penghasilan yang cukup.

Tujuan Anda untuk blog Anda sendiri mungkin berbeda. Mungkin Anda hanya ingin mencoba beberapa topik, berhubungan dengan orang, menjadi penulis, menciptkan peluang baru. Atau bahkan melebihi saya, ingin menjadi full time blogger.

Tidak ada yang salah. Apa pun yang kita inginkan. Internet, khususnya blogging, adalah tempat yang bagus.

Sekali lagi, untuk blog saya yang ini, tujuannya adalah menciptakan sesuatu yang menguntungkan bagi saya. Tapi tidak hanya itu, saya juga memiliki tujuan lain:

a. Menyenangkan untuk dikerjakan

b. Harus merupakan lahan untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

c. Memiliki kesempatan untuk menjangkau dan berhubungan dengan orang lebih luas. (saya harap saya bisa bertemu dengan Anda)

d. Saya ingin pembaca dan pengunjung blog saya mengenang saya ketika saya meninggal dunia. Amin.

Cara Memilih Topik Blog Untuk Saya

1) Tuliskan Tujuan Anda Mengapa Anda Memulai untuk Ngeblog

Apa yang ingin Anda capai? Koneksi? Mencari teman? Kepopuleran? Tuliskan semua alasan Anda.

(Tidak masalah jika Anda memutuskan ngeblog untuk uang, tetapi Anda harus memiliki motivasi lain, Anda akan bertemu dengan masalah dan waktu yang banyak untuk belajar)

Jangan lupa untuk menuliskan sub-tujuan atau kriteria topik untuk mencapai tujuan Anda. Semisal jika salah satu kriteria Anda adalah topik blog harus tidak menyinggung masalah SARA, (suku, agama dan Ras), Anda jangan memilih topik blog tentang perbandingan agama.

Buatlah daftar tujuan dan kriteria seperti saya. Jangan menyontek, ya?  (itu loh yang saya list dengan point A sampai D.

2) Buatlah Daftar Topik yang Anda Mempunyai Pengalaman, Minat, dan Kemampuan di Sana.

Kita memang bisa menulis segala ide kita sendiri. Tapi untuk membantu Anda membuat daftar, luangkan waktu Anda untuk berselancar di google.

Selain di google, berikut adalah beberapa sumber ide:

a. Amazon dot com. Daftar best seler dan daftar semua topik yang mereka garap: ada di sidebar.
b. Bog-blog favorit Anda. Jika Anda sudah pernah membaca bog dengan topik tertentu. Mempertimbangkan membuat blog dengan topik yang sama atau sub topik dari blog itu juga cukup bagus.
c. Click Bank dot Com. Market Place. Lihat saja apa yang mereka jual di sana.
(catatan: untuk melihat martket place di click bank, Anda harus mendaftar menjadi affiliate mereka)

3) Baca Daftar Topik itu dan Cocokkan dengan Kriteria. Kemudian Hilangkan Topik yang Tidak Cocok.

Cukup jelas saya kira. Jika beberapa topik tidak cocok dengan kriteria, hilangkan saja. Jangan ragu-ragu. Tujuan Anda lebih penting daripada apa yang mungkin Anda dapatkan dengan membahas topik itu!

4) Sekarang Buat lah Daftar 5 Topik Favorit Anda (Topik-topik yang Tersisa Setelah Langkah Point 3)

Tidak mudah menentukan topik jika Anda memilik banyak hobi, minat dan kemampuan. Apalagi jika kriteria yang kita buat terlau umum. Jadi diskusikan daftar itu dengan teman atau seseorang yang dapat Anda percaya. Jangan sampai orang yang kamu ajak diskusi “mencuri ide Anda”.

Pilih lah topik yang Anda pikir sangat cocok bagi kriteria Anda, setelah Anda berdiskusi dengan teman Anda. Ingat, jangan terlalu lama memilih.

Memilih Topik Blog untuk Make Money Blogging

Jika Anda nge-blog untuk hobi, tinggalkan saja pembahasan ini. Tetapi jika Anda ingin mengetahuinya juga, tidak masalah untuk membacanya.

Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan di sini. Pertama perbedaan blog Anda dengan blog lain. Kenapa blog Anda harus dibaca ketimbang blog lain yang memiliki topik sama? Apa yang menjadi ciri khas di sana?

Kedua, bisa kah Anda membuat konten yang lebih baik dari blogger yang membahas topik yang sama dengan Anda?

Jawablah pertanyaan itu, Anda harus jujur dengan keadaan diri Anda sendiri. Pertimbangkan topik yang Anda pikir Anda mampu memberi hal yang bermanfaat bagi pembaca blog Anda nantinya.

Perbedaan, sebenarnya adalah formula marketing. Dan berlaku juga untuk blog, pada dasarnya kan marketing=pemasaran. Jadi kalau dibuat untuk blog kita sebut saja blog marketing.

Perbedaan adalah element penting! Jika Anda mampu membuat blog Anda berbeda. Blog Anda akan diingat pengunjung.

Terlepas dari semua itu, jika Anda sudah memilih topik blog nantinya. Pastikan Anda tetap menjaga kesenangan Anda terhadap topik blog tersebut.