Memperkenalkan Plugin EDD Payment Gateway

Seperti yang Anda ketahui, saya telah membuat toko online digital di Pengunjung Blog dengan menggunakan plugin Easy Digital Downloads. Saya memilih plugin ini karena plugin sangat pas dengan apa yang saya butuhkan untuk menjual plugin ( atau mungkin juga theme?) di sini. Karena saya tidak ingin blog saya meload script terlalu banyak dari pada yang saya butuhkan.

Proses pembayaran di plugin ini sangat mudah, tidak banyak step. Anda dan pembeli di toko online Anda akan menyukai hal-hal simple, kan?

Ketika membangun toko online di Indonesia, Anda pasti akan menemui beberapa kendala laten. Biasanya itu berkutat antara shipping, payment gateway dan currency. Tapi karena barang yang saya jual adalah digital downloads, maka saya tidak perlu pengiriman barang. Sehingga masalah saya hanya tinggal Payment Gateway dan currency.

Di core Easy Digital Downloads sendiri, payment gateway yang tersedia adalah Paypal dan “Manual”. Meski pun dilabeli “Manual” itu bukan berarti Anda bisa memproses pembayaran secara “manual”. Bingung? Intinya manual di situ digunakan untuk tujuan testing.

Dan seperti Woocommerce, tidak ada currency kita di core plugin ini. Sadly, we are exists but always ignored. Dan saya tahu, banyak di antara Anda tidak banyak yang mempunyai Paypal. Benar? Jadi saya perlu solusi lain? Dan sampailah saya dengan Ipaymu, sebuah solusi payment gateway Indonesia. :) Keren.

Tidak seperti Paypal yang mengharuskan Anda mempunyai kartu kredit, di iPaymu Anda hanya harus mempunyai rekening bank. Wew. Untuk menambah dana, saya hanya tinggal transfer ke akun saya. Dan penarikan kurang lebih dengan metode yang sama pula. Inilah yang saya cari, dan saya langsung mencari dokumentasi API mereka. Kemudian saya buat plugin ini.

plugin ini adalah plugin yang sama yang saya gunakan di Pengunjung Blog untuk memproses pembayaran dengan iPaymu.  Saya telah menerima banyak feedback dari Anda, terima kasih. Anda bisa membaca lebih detail cara penggunaannya dan mendownloadnya di sini.

Tenang, plugin ini gratis untuk didownload, karena saya ingin mendukung Anda membuat produk di blog Anda. Plugin ini juga tersedia di WordPress Repo. Tapi baca dulu bagaimana menggunakannya di sini.

Happy selling, guy.

11 thoughts on “Memperkenalkan Plugin EDD Payment Gateway

  1. Mas Saiful, saya baru setup sebuah toko online dan tertarik menggunakan plugin ini. Sebenarnya saya agak ragu untuk menggunakannya karena belum ada testimonial ataupun komentar disini. Namun akhirnya saya putuskan untuk menggunakannya dan memberikan komentar pertama.
    Jika nanti ada masalah, tolong dibantu yah. :)

        1. Kalau produk anda produk digital pakailah EDD. dua-duanya bagus, secara coding style saya suka Woocommerce. EDD ada kelemahan di bagian session, kadang-kadang sessionnya gak bekerja di beberapa hosting.

      1. Mantap nih mas, apalagi kalau ipaymu nya juga bisa diintegrasikan sama woocommerce, jadi bakal ada tambahan payment systemnya pakek ipaymu (Ngeles Requst wkwkwk *Plak). Tambahan Request nih mas kalau boleh: Shipping woocommercenya ditambahin Pos Indonesia & Ems. Cz pembeli saya banyaknya pakek 1. Jne, 2. Pos, 3. Tiki dan yg ke 4. Ems buat pembeli bule :D .
        Kalau sudah lengkap bakal mau borong nih mas ke 4 nya :) , dan siap migrasi ke Woocomerce . Onegai mas gan

  2. Mas Saiful,
    Boleh nggak saya nanya gimana caranya bikin payment gateway yang hanya menggunakan kode kupon saja. Jadi kurang lebih seperti ngisi pulsa yang dimasukkan hanya kode vouchernya.
    Jadi nantinya mungkin coupon code di Woocommerce dinonaktifkan.
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Itu cukup sulit, tetapi bisa saja. Caranya buat salah satu payment gateway dan buat tambahan field di checkout, kalau kode kupon benar cukup process order ke complete. Apakah begitu cukup?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>