Mencapai Goal Bisnis Internet dengan Google Analytics

Goal Google AnalyticsKita semua, blogger, internet marketer, social media agency, dll mempunyai goal sendiri-sendiri. Mengapa kita melakukan sesuatu?

Goal itu tentu sangat berharga bagi kita, dan ingin segera mencapainya.

Pada kasus internet, ketika kita membuat bisnis kita online. Semisal membuat toko online, maka goal kita adalah menjual sebanyak mungkin produk atau barang.

Karena itu kita pun melakukan pemasaran dan kampanye. Membuat facebook fan page, akun twitter, dan blog. Bahkan beberapa dari Anda mungkin melakukan kampanye dengan Google Adword.

Kita meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk mencapainya. Tetapi masalahnya, bagaimana kita mengukur hasilnya? Google Analytics menjawab permasalahan tersebut.

Berikut bagaimana Jawaban Google Analytics

Apa itu Google Analytics? Itu merupakan software dan produk dari Google untuk membantu Anda mengukur kampanye Anda. Asal-usul terbentuknya produk ini adalah Google Adword. Untuk membantu para pemasang iklan. Tetapi meski pun Anda tidak menggunakan Adword, Anda bisa menggunakannya.

Software Web Analytics milik Google ini berbasik “klik”, dan menggunakan kode javascript untuk melaksanakan tugasnya. Jika Anda tidak tahu bagaimana memasangnya, berikut video cara memasang kode trackingnya.

Goal Bisnis Anda:

Sebelum memasang kode tracking, setidaknya Anda mempunyai satu goal. Satu goal yang jelas, dan bisa diukur.

Jadi pikir apa goal Anda, dan bagaimana Anda bisa mencapainya? Kemudian pikirkan bagaimana langkah-langkah Anda menuju ke sana.

Semisal: Saya mempunyai toko baju. Penjualan di off line belum memuaskan ekspektasi saya terhadap perkembangan bisnis tersebut. Jadi saya ingin melakukan pemasaran di internet.

Jadi Goal saya: meningkat penjualan. Tetapi itu masih terlalu umum, saya ingin lebih spesifik, jadi tujuan saya mungkin akan menjadi begini: saya ingin meningkatkan penjualan sebanyak 40% di satu tahun pertama melakukan ekspansi pasar di dunia maya.

Bagaimana saya mencapainya? Di sini berarti saya harus menjawab goal pemasaran. Mungkin Anda mempunyai banyak, seperti follower twitter, Facebook, atau email list. Tetapi mulai lah dengan melakukan yang terpenting.

Membuat Bisnis Go Online

Kembali pada contoh toko baju, jadi saya akan membuat toko online yang menjual baju. Bagaimana membuatnya?

Gunakan WordPress, dan pasang plugin Woocommerce atau Jigoshop. Pilih Theme yang cocok, kemudian masukkan produk ke sana. Jika sulit membuat toko online, saya mempunyai jasa untuk mempermudah Anda.

Siapkan channel promosi. Seperti social media, blog, email list dan paid search.

Setting Goal

Karena Anda telah mempunyai gambaran misi Anda memasarkan produk di internet, maka kekuatan Google Analytics bisa Anda manfaatkan lebih baik. Gunakan fitur menyetting Goal.

Baca lebih lengkap di posting lama kami, bagaimana membuat goal di Google Analytics.

Mengukur Kesuksesan Kampanye

1. Kampanye Internal

Kampanye Internal adalah kampanye yang Anda lakukan di website Anda sendiri. Pada kasus toko online tadi, contoh kampanye-nya mungkin diskon 10%, beli 2 gratis 1, cuci gudang dan sebagainya.

Ukur kampanye tersebut dengan event tracking. Berikut kode umumnya:

onclick=”_gaq.push([‘_trackEvent’, ‘category’, ‘action’, ‘opt_label’, ‘opt_value’]);”

Pelajari lebih lanjut tentang event tracking.

2. Kampanye Eksternal

Untuk di luar websiter Ada, seperti channel promosi Anda. Hanya ada satu opsi mengukurnya. Yaitu dengan memberi tag di Url target. Gunakan Url Builder untuk membuatnya.

Pelajari lebih lanjut di sini.

Laporan:

Ada banyak laporan yang bisa Anda dapatkan. Pada contoh kali ini saya menampilkan Multi Channel Funnel.

multi-channel-funnel

Ada pertanyaan? Silakan berkomentar? Atau ajukan pertanyaan di forum. Kami akan selalu menjawab pertanyaan Anda.

 

Tentang Penulis: Syaiful Bahri adalah seorang SEO Analysis dan Web Analytics. Anda bisa Berkenalan dengannya di Twitter and .