Mengetahui Posisi Kata Kunci dengan Google Analytics

Halo, teman-teman! Berjumpa lagi di serial broadcast Pengunjungblog, hari ini ada sesuatu yang berbeda. Biasanya saya mengupload video tutorial (seri broadcast) di Youtube. Tapi untuk hari ini, saya mencoba menggunakan video hosting lain. Yaitu Vimeo.

Saya melihat tampilan di Vimeo lebih bagus ketimbang Youtube, dan saya menyukainya. Ya, sampai sekarang saya masih menggunakan akun gratis (Basic Account). Barangkali dua atau tiga bulan ke depan saya akan mengupgrade akun saya. Karena alokasi dana blogging saya, untuk bulan ini saya alihkan untuk membeli Android.

Ketika menguplod tutoral ini, saya senang interface mereka. Itu alasan lain saya tertarik jasa mereka. Saya sedang memikirkan apakah saya memilih Vimeo Plus atau kah Vimeo Pro. Kebetulan earning saya di Infolinks bulan ini naik.

Jika Anda menyukai tampilan video ini, please katakan itu di kolom komentar. Karena itu akan membantu saya menentukan pilihan. Anda tahu? Ada banyak video hosting di luar sana, jadi saya membutuhkan pendapat Anda.

Oke, segitu dulu pembukaannya. Kita langsung saja pada pembahasan. Seperti pada judul posting ini, saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana mengetahui posisi kata kunci yang Anda bidik dengan Google Analytics.

Saya yakin banyak blogger yang ingin mengetahui hal tersebut. Karena kita ingin melihat seberapa efektif link building, dan proses SEO lainnya yang telah kita lakukan.

Di luar sana banyak alat yang memungkinkan Anda mengetahui posisi SERPs posting yang Anda tulis. Saya juga menggunakannya. Tetapi karena saya tidak terlalu mempunyai banyak waktu online akhir-akhir ini, cara ini menghemat waktu saya.

Apakah Anda tertarik? Oke, saya rasa Anda tidak sabar mengetahuinya. Jadi,please, duduk tenang di kursi komputer Anda. Seperti yang saya lakukan saat ini.

Secara default, Google Analytics tidak memberikan data posisi keywords bidikan Anda. Tetapi itu bukan berarti alat Web Analytics berbasis javascript ini tidak bisa memberikan data tentang hal tersebut.

Kita akan memanfaatkan pembagian sumber traffic, yang mereka tracking. Semisal social, referral, campaign dan organic. Karena ini soal SEO, maka kita akan mengubah sedikit cara menampilkan data kata kunci yang masuk (atau Anda boleh mengatakannya keywords yang memberikan Anda visitors)

Dengan memodifikasi pengaturan profile ID, khususnya pada tab filter Anda bisa mendapatkan data tersebut. Marik kita tonton video tutoril ini. Sebelumnya, saya rekomendasikan Anda menggunakan filter ini di profile yang berbeda yang selama ini Anda gunakan. Karena filter ini akan berefek kepada metrik lain.

Video di atas tidak terlalu jelas? Coba memutar versi yang lebih besar dengan mengeklik link ini

Jika RegEx (Regular Expression), yang saya tampilkan di atas tidak terlihat jelas, atau Anda lupa ketika Anda mengimplementasikannya. Maka saya sarankan Anda menontonnya dengan mode full screen. Kemudian ulangi, sebanyak yang Anda butuhkan. Siapkan juga kertas dan pensil untuk mencatatnya. Agar Anda tidak bolak balik dari Google Analytics ke sini.

Jika ternyata masih kesulitan, berkomentarlah dibawah ini. Dan saya akan menjawabnya. Semoga bisa membantu. Dan terima kasih telah menontonnya.