Mengukur Jumlah Pelanggan RSS Feed atau email List Baru dengan Google Analytics

Hai, lama tidak menulis artikel di blog ini. Saya rindu dengan kedatangan dan komentar Anda. Sebelumnya, saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.

Ok. Mari kita beralih ke topik posting ini; mengukur jumlah pelanggan RSS Feed atau email list baru, darimana mereka datang dan dimana mereka memutuskan menjadi pelanggan.

Saya tahu, Anda ingin meningkatkan jumlah pelanggan RSS Feed atau list Anda. Oleh karena itu Anda akan tertarik membaca posting ini sampai selesai. Benarkah?

Untuk beberapa alasan, memiliki pelanggan tersebut yang banyak diperlukan. Baik itu sebagai media komunikasi dengan pembaca setia blog, atau pun sebagai tolak ukur untuk menjual iklan di blog Anda. Atau hal-hal lain yang tidak bisa saya sampaikan semuanya di sini.

Biasanya seorang blogger menampilkan form atau link registrasi RSS dan email list di sidebar atau di bawah postingnya.

Setiap cara dan model penempatan akan menghasilkan tingkat konversi yang berbeda. itu sudah pasti. Tapi pertanyaannya, bagaimana kita mencari tahu posisi yang paling tepat untuk blog kita?

Jawabannya; dengan Google analytics dan tambahan kode tracking Anda bisa mencari tahu. Anda akan bisa mencari tahu perilaku “klik” pengunjung!

Ya. Google Analytics bisa digunakan untuk mengambil data sebuah link yang diklik. Walau pun link itu berada di satu halaman yang sama.

Menggunakan Event Tracking;

Cara ini sudah saya implementasikan di pengunjungblog untuk melihat bagaimana pengunjung saya melakukan perilaku klik terhadap call to action saya. Dan saya harus mengatakan terimakasih atas ketertarikan Anda terhadap call to action saya selama ini.

Untuk menggunakan event tracking Anda harus memasukkan kode di link yang Anda tanam. Di dalam kode tag (<a href:”…”). dan kode tracking event tracking adalah;

onclick=”_gaq.push([‘_trackEvent’, ‘category’, ‘action’, ‘opt_label’, ‘opt_value’]);”

category: ini merupakan elemen yang harus ada dan digunakan untuk mengidentifikasi hal yang ingin Anda cari tahu: eBook, video, signup.

Action: ini juga merupakan element yang harus ada, action digunakan untukmendefinisikan interaksi pengunjung dengan blog Anda.semisal: klik, button, play, stop.

Label: elemen ini opsional, tetapi membantu untu mengidentifikasinya ketika data telah tersedia di dashboard Google Analytics Anda.

Value: juga opsional, Anda bisa menambah nilai (value) untuk setiap perilaku pengunjung Anda.

Tidak sulit, coba Anda lihat kode HTML sidebar saya (Web Desain). Gunakan firebug untuk melihatnya. Anda akan melihat kode yang saya tanam di situ seperti ini;

<a href=”http://www.pengunjungblog.com/jasa-desain-theme-wordpress/” class=”btn-green” onclick=”_gaq.push([‘_setCustomVar’, 1, ‘internal promo’, ‘blog-page-button’, 2]);_gaq.push([‘_trackEvent’, ‘Produk’, ‘Jasa Theme’, ‘Widget’]); return true;”><span><span>Web Desain</span></span></a>

Maaf kode tersebut saya kombinasi dengan custom variable for goal data . Jadi lihat saja di kode akhirnya _gaq.push([‘_trackEvent’, ‘Produk’, ‘Jasa Theme’, ‘Widget’]);  kode tersebut akan mengirim data ke Google Analytics dan setiap klik akan dimasukkan data event.

Tetapi sekarang, saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana menyetting Google Analytics Event Tracking untuk mengukur call to action saya untuk mendapatkan email list.

Saya mempunyai setidaknya 5 Form Email list; yang saya tempatkan di lima tempat yang berbeda. di sidebar blog dan di setiap landing page saya; SEO WordPress, SEO Kompetitor dll.

Untuk mengetahui form mana yang lebih banyak menghasilkan pelanggan, saya memasukkan kode event tracking di setiap button sign up tersebut.

Sebelumnya, kode sign up saya seperti ini:

<input id=”FormValue_EmailAddress” class=”text_input” type=”text” name=”FormValue_Fields[EmailAddress]” placeholder=”Enter your email address” required=””><br/ ><button type=”submit”>Join now!</button><br>

Setelah saya masukkan kode tracking menjadi:

<input id=”FormValue_EmailAddress” class=”text_input” type=”text” name=”FormValue_Fields[EmailAddress]” placeholder=”Enter your email address” onclick=”_gaq.push([‘_trackEvent’, ‘Signup’, ‘Button’, ‘Sidebar’]);” required=””><br/ ><button type=”submit”>Join now!</button><br>

Di situ saya menggunakan kata, [Signup] sebagai kategori, [Button] sebagai action dan [Sidebar], [SEO WordPress1], [SEO WordPress2] dan label lain di setiap form yang berbeda.

Mengecek Data yang Anda Dapatkan

Jika anda telah memasukkan kode dengan benar, Anda akan mendapatkan data tersebut dalam 1X24 jam.

Untuk melihatnnya Anda bisa mengeklik [Content] > [Event] > [Overview].

Event-tracking

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda memiliki kesulitan untuk mengimplementasikannya, Anda bisa bertanya kepada saya di kolom komentar di bawah ini. Masih gratis! :)