Minat Masyarakat Indonesia Membuat Blog

membuat blog wordpressBagaimana cara membuat blog menjadi informasi yang cukup banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Setidaknya kata kunci membuat blog masih lebih populer ketimbang membuat toko online atau pun membuat website.

Meski pun query membuat website lebih dulu dicari mulai dari 2004, akan tetapi query membuat blog yang mulai dicari awal tahun 2006 menjadi lebih populer mulai tahun 2007 bulan November.

Dari data ini, saya bisa menyimpulkan masyarakat Indonesia lebih mengenal web blog ketimbang website. Atau mereka ingin menjadi seorang blogger. Membuat konten pribadi, atau menyalurkan buah pikiran secara online.

Terima kasih kepada Google (dengan platform gratisnya blogger/blogspot), WordPress, Typepad, Thumblr, Blogdrive, dan platform-platform blogging yang ada. Sehingga kami menjadi lebih mudah membuat blog sendiri. Baik itu dengan membayar atau pun memakai blog gratis.

trend-membuat-blog

Berikan Mereka Informasi yang Terstruktur

Ketika Anda dulu baru pertama kali ingin ngeblog, apakah Anda merasa kesulitan mencari informasi tutorial bagaimana membuat blog? Saya merasakannya. Untung saja, teman sekolah saya ada yang sudah pintar membuat blog. Sehingga saya dibuatkan olehnya.

Agar blogosphere Indonesia makin ramai, berikan mereka informasi yang lebih terkulikum. Kumpulkan konten Anda dalam satu halaman dan diurut seperti Anda menyusun bab sebuah buku atau e-book.

Buatlah tutorial sederhana tentang cara membuat blog di blogspot, membuat blog wordpress gratis dan self hosting, typepad dll. Dan kumpulkan itu. Seperti yang saya lakukan di sini, atau lakukan seperti yang dilakukan Handoko Tantra dengan produknya Tutorial WordPress Pemula.

Buatlah mereka lebih mudah paham dengan membuat konten yang jelas, sedetail mungkin, memakai gambar atau bila perlu Anda bisa memakai video. Dan bantu mereka, jangan menunggu mereka bertanya tapi pakailah teknik call to action.

Anda bisa menulis call to action, “jika Anda kesulitan membuat blog wordpress, Anda bisa mengontak saya melalui halaman komentar. Saya akan senang membantu Anda secepat mungkin.”

Lalu apa untungnya itu bagi Anda? Pertama blogger di Indonesia akan semakin banyak. Yang akan menambah keanekaragaman konten. Yang akan membantu adik-adik Anda, anak-anak Anda, saudara-saudara Anda menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Kedua, jika Anda bisa dan mau membantu mereka, mereka juga akan care terhadap Anda. Mungkin mereka akan berlangganan email newsletter Anda, RSS Feeds, mengelike facebook fan page, dan follow Anda di twitter.

lonjakan-trend-blogger

Jika suatu hari nanti Anda menjual produk sendiri, besar kemungkinan mereka akan membantu Anda. Mungkin mereka akan membelinya. Mungkin mereka membantu mereview produk Anda, mengeshare-nya di akun social media yang dia punya.

Berbuatlah baik kepada pengguna mesin pencari, dan Anda akan mendapatkan manfaatnya.

Perbaiki Kualitas Blog Anda

Jika banyak orang yang berminat menjadi blogger, Anda harus memperbaiki kualitas blog-blog yang Anda punya. Perbaiki, update, dan buatlah lebih berguna bagi pengunjung Anda. Karena beberapa dari mereka pasti akan ada yang memilih topik yang sama dengan Anda.

Ya, dia bukan kompetitor Anda. Dia adalah teman Anda. Tapi tetap penting untuk bersaing menjadi yang terbaik.

Jangan lupa juga untuk menjalin networking dengan blogger sebanyak yang Anda mampu, itu akan membantu Anda. Sejauh yang saya tahu, blogger yang memiliki jaringan yang luas akan lebih cepat sukses.

Google telah datang ke Indonesia, membangun kantor di Jakarta, dan sudah melakukan Google Day beberapa waktu lalu. Dengan kedatangan Google ke sini, pengaruh Google untuk mengedukasi mereka membuat website toko online, berita, blog, game dll akan semakin kuat.

Secara personal saya senang melihat data ini. Saya suka karena akan banyak teman blogger yang akan saya punya.

Jadi mari kita sambut minat masyarakat kita dengan informasi cara membuat blog yang mudah dan terkulikulum. Dan perbaiki konten blog Anda. Bagaimana menurut Anda?

 

Tentang Penulis: Syaiful Bahri adalah seorang SEO Analysis dan Web Analytics. Anda bisa Berkenalan dengannya di Twitter and .