PengunjungBlog Sekarang Pindah dari Hostgator

cloud hoting

Sudah hampir 3 minggu pengunjungblog pindah dari hostgator ke hosting baru. Ada beberapa issue yang saya temui dengan perusahaan web hosting ini.

Ya, mereka tidak buruk. PengunjungBlog harus pindah dari hostgator karena jumlah visitor kami sangat mengejutkan 2 bulan belakangan. Resouces yang kami butuhkan untuk menjalankan website sederhana ini tidak cukup kalau tetap di sana. Itulah alasan utama saya pindah.

Cloud Hosting

Awalnya saya akan memakai Amazon Web Service. Tetapi teman saya mengatakan pengalamannya di Digital Ocean. Karena rekomendasinya itu, maka kami pindah dan memakai cloud hosting di Digital Ocean memakai paket yang $10 per bulan.

Tidak semua blog / website butuh cloud hosting. Jadi di sini saya tidak mengajak Anda untuk menyewa juga di Digital Ocean. Jika Anda tidak mengerti dasar-dasar mengelola server, dan tidak mengerti menggunakan command line. Lebih baik Anda memakai hostgator atau web hosting lainnya.

Ketika Anda memakai cloud hosting, Anda lah yang menentukan software apa saja yang akan diinstall. Anda harus memilih sendiri, memanajemennya, dan mengupdatenya.

Jika Anda memilih untuk menyewa cloud hosting, berikut setting yang saya gunakan di Pengunjung Blog.

  • Ubuntu 12.04 x 32
  • LEMP ( Linux, Nginx, MySQL, PHP ) stack. Anda tidak harus memakai nginx! Ingat, WordPress dibangun dengan asumsi bahwa Anda memakai LAMP stack ( Linux, Apache, MySQL, PHP ). Kami memakai nginx karena kami tahu apa yang kami lakukan.
  • Instal php Curl. Ini perlu saya aktifkan karena WooCommerce butuh ini.

Di sini kami memakai PHP versi 5.5+. Ini merupakan versi terbaru, banyak web hosting yang masih memakai 5.3. Ya, untuk WordPress, PHP 5.3 masih didukung. Tetapi versi ini sudah terlalu tua. 5.3.0 direlease tanggal 30 Juni 2009. Sudah hampir 4 tahun yang lalu.

Sekarang PengunjungBlog bisa menampung visitor yang entah kenapa tambah meledak sejak kami meluncurkan plugin premium. Ditambah lagi jumlah pencarian nama produk kami muncul di Google Suggest. Itulah kenapa saya mendapatkan banyak pengunjung dengan kata kunci Woocommerce JNE dan nama plugin itu sendiri.

woocommerce jne shipping pack
Woocommerce JNE Shipping Pack muncul di Google Suggest.

Ini pengalaman pertama saya memanajemen website di Cloud Hosting. Jadi saya mungkin akan berbagi artikel bagaimana men-deploy server di cloud hosting di samping sebagai catatan pribadi. Well, terima kasih banyak atas kunjungan Anda yang semakin sering. Terima kasih banyak.