The SEO Blog

Apa Itu RSS Feed?

128px-feed-iconsvg.png

Catatan: Saya membuat artikel ini karena beberapa orang mengirim saya email, apa maksud berlangganan artikel melalui RSS Feed. Jadi untuk memudahkan Anda, saya membuat artikel ini. 

Definisi Singkat

RSS atau kepanjangannya (Really Simple Syndication) adalah cara sederhana dan mudah untuk membaca berita/artikel situs atau blog favorit Anda. Alih-alih berkunjung ke situs tersebut untuk membacanya, malah artikel itu datang kepada Anda.

Bahkan Anda bisa membaca semua artikel situs-situs favorit Anda melalui satu halaman saja.
Menurut saya Google Reader adalah layanan membaca RSS terbaik di internet. Untuk orang yang baru tahu ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunjungi reader.google.com dan seperti biasa Anda harus daftar. Gratis.

Dan cara belangganannya gampang, Anda cukup klik link RSS blog favorit Anda. Kemudian di bagian atas Anda bisa memilih tempat membaca artikel itu. Ada pilihan My Yahoo, Google Reader. Tapi saya lebih suka memilih Google Reader.

Atau dengan cara, mengedrag Google Reader Bookmarking. Di halaman awal Google Reader Anda, Anda akan melihat tombol seperti ini.

google-reader

Drag tombol itu ke navigasi bookmark di browser Anda. Dalam hal ini saya memakai Google Chrome. Kemudian jika Anda suka tulisan blog tertentu, cukup klik tombol bookmark tersebut. Dan artikel blog itu akan masuk ke Google Reader Anda.

atas

Klik tombol subscribe itu. Dan Anda telah mendapatkan artikelnya. Really Simple.

Saya rasa layanan ini sungguh-sungguh menghemat waktu online saya untuk belajar topik-topik yang saya senangi.

Jika Anda adalah pemilik blog atau seorang webmaster, Anda harus menaruh link RSS Feed blog Anda di sidebar, header atau di footer blog Anda. Ini agar memudahkan pengunjung berlangganan.

Berlangganan Melalui Email juga Bagus

Jika penjelasan saya di atas, tampaknya terlalu rumit untuk Anda. Banyak situs juga memungkinkan kita berlangganan RSS feed mereka melalui email.

Pengunjung Blog juga salah satunya. Di sidebar blog ini, di bagian sidebar ini Anda menemukan icon berwarna orange, klik link itu. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman subscribe blog ini. Di sana Anda tinggal memasukkan email Anda di opsi nomer 2 (Email Update Posting).

Atau jika ingin cepat, tinggal masukkan email Anda di form seperti di bawah ini, kemudian tekan enter atau klik Subscribe. Sekarang saya membuat form untuk RSS Feed di sidebar daripada email newsletter.

subscribe-to

Jangan lupa juga untuk mengkonfirmasi email yang dikirim Feedburner. Jika tidak, maka Anda tidak akan pernah memanfaatkan layan ini. Jadi buka email Anda, dan cari email baru dari Feedburner di kotak inbox Anda.

konfirmasi

Jika sudah, setiap kali blog atau situs favorit Anda memposting artikel/konten baru maka Anda akan mendapatkan kiriman artikel itu. Langsung ke email Anda. Benar-benar layanan yang bisa membantu Anda menghemat waktu, bukan?

Jangan lupa untuk berlangganan RSS Feed blog ini. Terima kasih atas pertanyaannya.

 

Suka dengan Tulisan Seperti Ini?

Images

Jika Anda ingin membaca artikel seperti ini melalui email Anda, Anda bisa mendapatkannya. Gratis.

Setiap kali kami memposting artikel baru di sini, Anda akan mendapatkan email yang berisi posting tersebut. Artikel itu lengkap. Jadi Anda bisa mengarsipkannya dan menghemat waktu online.

Silakan berlangganan via email atau pelajari opsi berlangganan artikel yang lain.

Artikel Terkait

Comments

  1. Untuk RSS gini, saya lebih suka pakai feedburner daripada bawaan blog/wp. Selain opsinya banyak, juga karena bisa disisipi iklan Adsense mas :)

Speak Your Mind

*