5 Prinsip agar SERPs Blog Anda Diklik Calon Pengunjung yang Bisa Anda Terapkan Hari Ini

Berbicara tentang menaikkan angka kunjungan ke blog, ternyata cukup luas. Tidak seperti yang saya bayangkan. Ini tidak hanya soal bagaimana membuat artikel blog Anda masuk di halaman satu hasil pencarian google untuk kata kunci tertentu. It’s not just about SEO, soon.

Saya tidak hendak mengatakan “berdiri” di sana tidak penting. Malah saya merekomendasikan Anda untuk berusaha mencapainya. SEO tetap penting sebagai pondasi awal.

Jadi, saya tidak sedang berbicara bahwa posisi peringkat halaman blog Anda tidak berpengaruh terhadap jumlah kunjungan blog Anda. Itu tetap penting. Tetapi ada beberapa faktor lain yang akan “memaksa” Pencari Informasi mengeklik link Anda di sana.

Ini beberapa prinsip yang bisa saya bagikan kepada Anda. Perlu dicatat hasil ini adalah penelitian kecil-kecilan terhadap diri saya sendiri ketika mencari bahan buat materi kuliah. 

hasil serps

Jadi komentar dan pendapat Anda ingin saya dengar di kotak komentar. Oke, silakan membaca lagi.

1. Posisi Artikel Anda Tetap Penting

Ini merupakan pondasi awal Anda mendapatkan traffic dari mesin pencari. Posisi teratas di halaman pertama adalah judul yang paling pertama dibaca. Tetapi tidak mudah mendapatkan posisi itu. Dan jangan buat diri Anda menyerah mencapainya karena persaingan yang ada. Untuk membantu Anda saya telah menulis teknik dasar SEO bagi pemula. Baca bagian satu dan dua. Jika ingin panduan lebih lengkap, Ebook 28 Hari Menguasai SEO karya Cosa Aranda(aff) bisa menjadi alat bantu Anda.

2. Apa kah Blog Kamu Diberi Sitelink oleh Googe

Congralutate! Jika blog Anda memiliki sitelink maka untuk penulusuran menggunakan nama domain Anda, tampilan sitelink Anda akan berbeda. Ada seperti link navigasi di sana, dan itu membuat calon pengunjung blog Anda tertarik untuk berkunjung.

3. Meta Tag Judul dan Deskripsi yang Ditampil

Ini lah gunanya kita membuat judul yang menarik. Jika hasil SERPs blog Anda memiliki kesamaan dengan yang lain, itu akan mengurangi daya tarik mereka. Jika saya menemui ini, biasanya saya membaca meta deskripsinya.

Lain halnya, jika judul Anda berbeda. Itu akan membuat SERPs blog kita menarik perhatian. Menarik perhatian berarti kita memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

4. Nama Domain

Tidak tahu kenapa, saya juga memperhatikan nama domain yang ada di hasil pencarian google. Eh, bukan hanya google, tetapi juga bing dan yahoo. Meski pun saya jarang memakainya. Jika nama blog yang tampil menarik (brandable) apalagi mengandung keyword yang saya cari, saya cenderung berkunjung.

Ini juga terjadi jika nama domain itu sudah saya kenal sebelumnya, dan saya memiliki kesan bahwa konten-konten di blog tersebut bagus.

5. Foto Profil di Hasil Pencarian

Ini fasilitas terbaru dari Google, menurut pandangan saya ini dilakukan oleh Google untuk mempopulerkan Google+. Yang mana Google masih pemain baru di dunia social media. Paling tidak, Google+ kalah populer dengan facebook dan twitter.

Dengan adanya, foto profil di hasil pencarian, saya kok tertarik mengekliknya, ya?

Terlepas dari semua itu, pastikan konten blog Anda relevan dan menyuguhkan apa yang mereka cari dan butuhkan.