Share Konten Anda di Facebook dengan Cara Cerdas

plugin and toolsKonten Anda adalah pesan Anda kepada teman, customer, atau mungkin juga calon customer Anda. Blog Anda adalah ruang di mana Anda menunjukkan kepada dunia hal-hal yang menarik bagi Anda. Jadi mengapa tidak membagikannya di Facebook?

Orang Indonesia, suka berlama-lama di Facebook. Teman, calon pembeli, bahkan orang yang tidak kita kenal berada di sana. Saya rupanya juga senang berlama-lama di sana. 😉 Karena akhir-akhir ini pembeli/costumer produk dan service saya berasal dari sana.

Dengan membagikan konten Anda atau membuatnya mudah dibagikan ke Facebook Anda mungkin bisa menjaring lebih banyak pengunjung. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Memasang Button Share

WordPress memiliki banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk memasang button share atau like Facebook. Tetapi saya menggunakan Modul dari plugin Jetpack di sini. Saya mulai menggunakan Jetpack ketika saya mempunyai blog personal di WordPress.com. Saya suka plugin ini.

Anda tinggal aktifkan modul sharing di Jetpack. Kemudian klik Settings > Sharing. 

tombol-share-facebook

Drag and Drop ikon social media yang ingin Anda aktifkan ke Enabled Service. Saya memilih Twitter, Facebook dan Google +. Karena saat ini, 3 social media itu yang terbesar dan saya memiliki akun itu. Kemudian pada bagian Show button on: Anda check di mana button itu akan ditampilkan.

Setelah Anda menekan tombol save, maka konten Anda akan mudah dishare di Facebook. Jika ada pengunjung yang tertarik dengan artikel Anda, mereka mungkin akan menekan tombol share tersebut.

Automattic Share dengan Jetpack

Hal yang paling saya suka dari plugin Jetpack adalah kemampuan otomatis share konten ke social media begitu Anda menekan tombol publish.

Yang perlu Anda lakukan adalah memberi Authentication kepada Jetpack dengan mengeklik Add new Connection.

automattics-share

Ketika connection terbentuk, dan Anda memberikan izin kepada Jetpack. Maka setiap kali Anda membuat konten baru dan menekan tombol publish, maka konten tersebut akan secara otomatis berada di social media tersebut.

Open Graph Type Video

Jika Anda menggunakan plugin WP Viseo maka tampilan konten Anda di sana akan berbeda dari konten lainnya. Di sana akan muncul thumbnail video, dan ketika ada orang yang mengeklik konten tersebut maka video tersebut bisa ditonton dari sana.

Kemampuan dan fitur tersebut biasanya hanya dimiliki situs-situs web video sharing. Tetapi dengan WP Viseo Anda juga bisa melakukannya. Tampilan itu datang dengan adanya markup open graph tipe video. WP Viseo akan membuatkan Anda markup tersebut di header website Anda, dan menyediakan metadata yang diperlukan.

share-facebook-opengraph

Agar Anda bisa menampilkan konten seperti itu di Facebook, Anda harus mengaktifkan fungsi Open Graph di WP Viseo. Anda bisa men-cekbox Display Facebook Metadata dan masukkan URL akun Facebook Anda. Kemudian klik Save.

Share konten Anda di Facebook dengan cara lebih cerdas. Kerjakanlah hal-hal yang baru dan menarik, sehingga bisa menarik perhatian pengguna Facebook. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda mempunyai cara yang lebih kreatif untuk mengeshare konten Anda di Facebook?