Teknik Dasar SEO: Tutorial Lengkap SEO bagi Pemula #2

Teknik SEO tidak perlu rumit-rumit. Sederhana, sabar dan teliti adalah seni mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari. Anda ingin menjadi nomer satu di google, bukan? Atau Anda ingin berada di halaman satu google saja?

Tentu saja, untuk bersaing di kata kunci yang kompetitif, kita harus mempersenjatai diri kita dengan teknik SEO. Di sini saya akan berbagi trik dan strategi sederhana, tetapi akan memiliki dampak yang bagus bagi traffic blog anda.

Pada bagian satu dari seri posting ini, saya telah membahas pendahuluan tentang cara SEO yang cukup lengkap untuk pemula. Anda belum membacanya? Silakan baca teknik dasar SEO.

Di artikel ini selain membahasnya secara teoritis, saya akan membahas sedikit tentang teknik SEO yang selalu saya pakai.

6 Teknik SEO Awal

teknik seoTeknik SEO ini akan kita pelajari di sini, coba terapkan dan tinggalkan komentar di sini. Saya ingin mengetahui hasil belajar Anda di sini. Ok, mari kita memulai.

a. Pertama kita harus mengubah sebuah kata kunci atau frase ke dalam kata kunci yang mempunyai 3 kata atau lebih panjang. Kata kunci itu juga harus berhubungan dengan topik blog kita.

b. Pilih frase kata kunci yang memiliki sekitar 500-20000 pencarian global (hasil ini didapat dengan mencentang tab pencocokan “Persis” dengan menggunakan Google Keyword Tool)

c. Melakukan riset kata kunci.

d. Ulangi langkah 2 dan 3 sampai Anda mendapatkan kata kunci dengan persaingan yang rendah.

e. Tulis artikel dengan menggunakan frase kata kunci dengan persaingan rendah tadi.

f. Tulis Artikel yang menggunakan kata kunci itu di dalam judul, meta deskripsi, URL, dan seluruh artikel (perhatikan keyword density – kepadatan keyword dalam artikel). Pastikan artikel itu terkait dengan halaman home page blog Anda dan kemudian bangun link ke halaman blog lain. (gunakan twitter, facebook, posting tamu, dan teknik lain)

Alat dan cara untuk Melakukan Riset:

1. Gunakan Google Keyword External. Anda dapat menggunakannya di sini.

2. Cek hasil analisa Anda di google.com. Perhatikan banyak hasil pencarian di sana. Semakin rendah angka hasil pencariannya, semakin rendah pula tingkat persaingannya. Carilah hasil dengan 20.000 atau lebih sedikit dari itu. Ini Artikel yang saya percaya akan sangat membantu Anda, baca money word matrix (maaf artikel itu dalam bahasa inggris – maka gunakan google translete jika bahasa inggris Anda kurang bagus)

3. Riset kompetisi yang ada di sana, sekarang coba pergi ke yahoo. Ketik kode berikut di sana.

Link: [URL halaman]: -[domain]

Jika tidak ada hasilnya, itu berarti tidak ada backlink ke halaman tersebut, dan itu potensial. Cara lain adalah memasang SEO Quake di browser modzila Anda.

Anda ingin cara lebih cepat?

Ada beberapa alat untuk mempercepat proses riset tersebut. itu cara manual, tetapi kadang saya pakai untuk perbandingan data. Ini adalah alat yang saya gunakan, Traffic Travis (gratis dan tidak ada link affiliasi di sana), dan Market Samurai free trial version (ada versi berbayarnya, kalau Anda memakai versi trial seperti saya, software itu hanya bisa di gunakan seminggu) –juga tidak ada link affiliasi.

Saya juga mendengar Micro Niche Finder (tidak gratis) –juga bersih dari link affiliasi. Saya hanya menggunakan Traffic Travis dan Market Samurai. Tapi dua hari lagi kode software MS habis.

Implementasi Teknik SEO

Apa Tujuan Riset Kata Kunci Ini?

Tujuan penelitian sederhana ini adalah menemukan kata kunci yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan peringkat yang bagus dengan kerja yang relatif tidak menguras tenaga dan dompet. Idealnya, kita harus menemukan kta kunci yang relevan dengan situs kita.

Selanjutnya teknik SEO perlu kita lakukan adalah menulis sebuah artikel yang memuat kata kunci dalam judul, URL, deskripsi meta tag, dan di tempat-tempat konten kita. Kemungkinan besar kita akan muncul di halaman satu hasil pencarian tanpa backlink.

Tapi sayang, tidak mudah untuk mencari kata kunci yang sangat ideal tersebut. Sehingga kita mungkin akan menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan kompetisi sedang, atau volume pencarian rendah dan kompetisi rendah pula.

Mulai Menulis Artikel

Untuk mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian untuk frase kata kunci tertentu, Anda harus membuat page atau posting yang dibuat untuk kata kunci itu.

Posting atau halaman harus relevan dengan kata kunci yang digunakan. Seorang pengunjung yang datang ke halaman ini dari google harus merasa seperti menemukan apa yang mereka cari.

Selain itu, seperti yang saya bilang berulangkali, masukkan kata kunci itu dalam judul halaman, URL, meta description, meta keyword dan bagian-bagian tertentu dari artikel –harus terlihat alami.

Ini hanya merupakan on-page SEO. Tentu kita juga butuh off-page SEO, karena itu saya akan membahas backlink

Membangun Backlink untuk Blog Anda

Jika posting dan page yang telah kita buat sudah masuk dalam halaman satu hasil pencarian di google untuk kata kunci yangg telah Anda bidik. Saran saya, tidak terlalu perlu untuk membangun backlink untuk kata kunci itu. tapi jika Anda ingin aman, tetap lakukan teknik SEO ini: backlink strategi.

Membangun link adalah bagian paling sulit dari teknik SEO. Berapa jumlah link dan seberapa kualitas link yang kita butuhkan? Itu tergantung dari seberapa relevan posting kita, dan pendapat google tentang seberapa penting situs kita dan pesaing.

Secara umum, cara yang sering saya gunakan adalah guset posting, artikel marketing –mensubmit artikel ke situs seperti goarticles, ezinearticles (sejauh ini hanya satu artikel saya yang diterima di ezinearicles, karena saya menulis sendiri, itu cukup bagus melihat kemampuan bahasa inggris saya yang tidak seberapa bagus. Tapi di goarticles banyak artikel marketing saya yang diaprove).

Anda mempunyai pertanyaan tentang teknik SEO dasar ini? Saya yakin Anda punya beberapa pertanyaan. Tidak mudah menjelaskan topik ini, jadi saya akan senang jika Anda berkomentar di sini

9 thoughts on “Teknik Dasar SEO: Tutorial Lengkap SEO bagi Pemula #2

  1. Pertanyaannya dibalik sekarang, dengan tingkat persaingan 20.000, berapa kunjungan yang akan diperoleh dalam sebulan, jika kita berhasil nomer satu?

    *sambil klik link menuju money word matrix*

    1. Itu relatif mbak, kita hanya bisa menebak bahwa berada di nomer satu hasil pencarian atau di page satu hasil pencarian, kemungkinan mendapatkan kunjungan lebih besar..Nah kalau menembak keyword yang banyak kompetisinya, maka sulit mendapatkan nomer satu di sana..

      Pilihannya, gampang menjadi nomer satu dan mendapat traffic cepat, atau tidak mendapat traffic dulu, kemudian dengan usaha keras mendapat traffic besar..

  2. ribet juga ya… klo tujuan kita mengoptimalkan pengunjung… tapi klo cuma buat gudang data ato gudang catatan kita agar bisa diakses kapan aja dan dimana aja sie lebih simpel.. jadi klo perlu sesuatu tinggal bilang o iya, di blog gue ada yg beginian… :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>