Panduan Praktek Terbaik Membuat Title dan Deskripsi Meta Tag

Belajar menulis Title dan Deskripsi Meta Tag membantu pengguna mesin pencari dan Google untuk menampilkan hasil yang bagus. Yaitu mudah dimengerti, memastikan pengguna berkunjung di sumber informasi yang tepat yang mereka butuhkan.

Dengan panduan ini saya berharap Anda bisa mendapatkan tampilan seperti ini. Jika Anda telah mengerti ini, silakan berkunjung di posting lain.

title-dan-deskripsi-meta-tag

Daftar Isi:

  1.  Title Tag

2. Deskripsi Tag

a. Praktek terbaik.

Title tag

Web mempunyai bahasa (code) untuk melaksanakan tugasnya. Sebuah judul halaman web bisa diindentifikasi dengan title tag.

Jadi sama dengan tulisan lain, sebuah title tags memberitahu pengunjung dan mesin pencari apa topik dari tulisan (konten) halaman tersebut.

Filosofi Judul:

Sebuah hasil karya tulisan seperti konten blog, cerpen, puisi, novel dan jenis lain seharusnya mempunyai sebuah judul.

Tetapi apa itu judul? Judul dalam bidang ini bisa didefinisikan sebagai satu atau beberapa kalimat yang mendeskripsikan apa yang akan dibicarakan dalam isi tulisan.

Sebagai contoh saya ingin menulis cerpen tentang seseorang yang mempunyai mata, tapi tak melihat. Maka saya akan memberikan judul cerpen itu: Orang Buta. Ironis, deskriptif dan unik.

Seorang webmaster dan / atau blogger ketika menulis judul halaman webnya, seharusnya membuatnya unik. Dengan kata lain cukup berbeda dengan halaman lain di internet. Baik itu di dalam mau pun di luar situs.

Itu tidak hanya membantu Google ketika me-crawling blog Anda, tetapi juga pengguna Google ketika mencari informasi yang mereka butuhkan. Ini soal tanggung jawab kita sebagai pengisi hasil pencari Google.

Praktik Terbaik:

1. Memilih, mengarang dan membubuhkan kalimat singkat yang terdiri tidak lebih dari 70 karakter. Dan yang paling penting dapat mendeskripsikan topik yang di bahas. Dan unik untuk setiap single page.

Hal-hal yang harus dihindari:

1. Menggunakan kalimat yang tidak berhubungan dengan topik. Jadi kadang-kadang tidak masalah menggunakan metafora. Yaitu teknik penulisan karya sastra yang mendeskripsikan sesuatu dengan mengatakan hal lain. semisal: langit menangis untuk mengatakan hujan.

2. Menggunakan default value seperti untitled dll.

3. Menggunakan judul yang sama di semua halaman blog Anda atau dengan skala yang besar.

Deskripsi Meta Tag

Sebuah deskripsi meta tag adalah deskripsi singkat tentang halaman tersebut. Karena judul mungkin terlalu umum, sebuah deskripsi meta tag menjelaskan lebih khusus lagi. itu logis karena di praktik terbaik menulis title tag hanya mempunyai jatah 70 karakter.

Elemen ini membantu Google mengetahui (atau mungkin hanya menampilkan?) deskripsi singkat tersebut di SERPs.

Karena meta tag tidak terlalu berefek terhadap rangking. Tetapi penting karena membantu webmaster mendapatkan lebih banyak klik. Itu wajar karena kata atau frase yang Anda gunakan dan itu cocok dengan pengguna akan dicetak tebal (bold).

Praktik Terbaik:

Sama sebenarnya, menggunakan sebuah deskripsi yang terdiri tidak lebih dari 160 karakter. Rekomendasi para SEO adalah di antara 150-160 karakter.

Menggunakan deskripsi yang unik untuk setiap posting yang dibuat. Dimana nama domain atau brand bisnis Anda sebagai separator. Karakter separator yang umum digunakan adalah “|” “-“ “@”. Tetapi saya lebih senang menggunakan “|”.

Tetapi jika posting blog Anda telah mencapai ratusan konten, barangkali Anda akan kesulitan membuatnya. Pada kasus ini tidak masalah tidak membuat deskripsi. Biarkan Google mengambilnya dari isi konten Anda.

Jika ada pertanyaan silakan mengajukannya di kolom komentar.

Eksternal Resource:

a. Google Webmaster Central Blog.

b. SEO Moz

Tentang Penulis: Syaiful Bahri adalah seorang SEO Analysis dan Web Analytics. Anda bisa Berkenalan dengannya di Twitter and .