Melihat Laporan Kecepatan Situs Di Google Analytics

Kecepatan situs itu penting. Saya tidak berbicara tentang SEO (walau pun sekarang kecepatan situs juga termasuk salah satu faktornya). Tetapi saya lebih kepada sisi pengunjung blog kita, yang tidak akan sabar jika loading blog Anda lama.

Jadi saya ingin membantu Anda mengetahui seberapa cepat blog Anda memakai Google Analytics. Tidak sulit, kita hanya perlu menambah beberapa baris kode. Atau sebenarnya tidak usah menambah apa pun.

Mengaktifkan Laporan Kecepatan Situs

Secara default, Google Analytics akan mengaktifkan laporan kecepatan situs. Setelah tag _trackPageLoadTime() sudah tidak pakai. Dengan kata lain, server Google Analytics akan mengabaikannya walau pun Anda menambahkan kode itu.

Walau pun sudah default ada, tapi saya lebih suka memakai tag _setSiteSpeedSampleRate(). Tag ini berfungsi untuk mendefinisikan sample data yang dipakai untuk membuat laporan. Secara default sample (data) yang dipakai 1% dari kunjungan yang Anda dapatkan.

Karena pengunjung blog saya masih 100-200 UV per hari, maka saya lebih suka menaikkan gradenya menjadi 5%.

Tag _setSiteSpeedSampleRate() harus ditaruh sebelum tag _trackPageview. Untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Karena jika tag  _setSiteSpeedSampleRate() dipanggil lebih dulu, maka walau pun blog masih loading Google Analytics tetap akan menganggapnya sudah. Tentu saja itu tidak akurat.

Jadi begini kode tracking Google Analytics untuk melihat laporan kecepatan situs Anda, ini saya ambil langsung dari penerapannya di blog saya ini.

 

_gaq.push(['_setSiteSpeedSampleRate', 5]);

_gaq.push(['_trackPageview']);

(bukan kode seluruhnya, cuma sekedar potongan. Hanya bertujuan agar Anda memahami maksud saya)

Melihat Laporan Kecepatan Situs

Jika Anda sudah memasang kode tracking ID Google Analytics selama 1 x 24 jam. Maka seharusnya Anda melihat laporan kecepatan situs Anda. Dengan mengeklik Content > Site Speed > Overview di dashboard akun Anda. Berikut laporan yang saya dapatkan:

site-speed

Laporan apa yang kita dapatkan dari sana? Coba Anda klik Tab [Page Timing], di situ kita bisa melihat kecepatan loading page blog kita dan metric yang menggambarkan performance server yang Anda gunakan.

Selain itu di bagian tab [Teknis] Anda akan mendapatkan data-data tentang jaringan dan server lebih lengkap. Berikut definisi setiap metriks yang ada.

Avg. Redirection Time – waktu yang digunakan untuk redirection, sebelum meloading halaman. Jika blog Anda berjalan tanpa redirection, nilai metric ini biasanya 0.

Avg. Domain Lookup Time – waktu rata-rata yang dihabiskan di DNS lookup untuk halaman tersebut.

Avg. Server Connection Time – kalau ini menunjukkan waktu yang diperlukan pengguna untuk terhubung ke server.

Avg. Server Response Time – waktu yang dibutuhkan server untuk menanggapi permintaan pengguna, termasuk waktu jaringan dari lokasi pengguna menuju server Anda.

Avg. Page Download Time – waktu yang diperlukan untuk mendownload halaman.

Jika Anda melihat bahwa beberapa metrik membuat blog atau situs Anda lambat, Anda bisa melakukan langkah mengoptimalkan kecepatan.

Ada banyak cara mempercepat blog, salah satunya jika Avg. Redirection Time tinggi. Maka pertimbangkan untuk tidak melakukan redirect, seperti redirect CSS atau pun Favicon.

Kita akan berbicara lebih banyak lagi tentang bagaimana meningkatkan kecepatan situs blog Anda. Tapi sebagai permulaan pelajari dulu, factor mana yang membuat blog Anda lambat.

Tentang Penulis: Syaiful Bahri adalah seorang SEO Analysis dan Web Analytics. Anda bisa Berkenalan dengannya di Twitter and .

Suka dengan Tulisan Seperti Ini?

Images

Jika Anda ingin membaca artikel seperti ini melalui email Anda, Anda bisa mendapatkannya. Gratis.

Setiap kali kami memposting artikel baru di sini, Anda akan mendapatkan email yang berisi posting tersebut. Artikel itu lengkap. Jadi Anda bisa mengarsipkannya dan menghemat waktu online.

Silakan berlangganan via email atau pelajari opsi berlangganan artikel yang lain.

Artikel Terkait

Comments

  1. Budi Majid says:

    menarik sekali pembahasannya, jadi makin penasaran lanjutan cara meningkatkan kecepatan situs dari data google analyst yang sudah ada..

Speak Your Mind

*