Update DBN dan Kualitas Penyedia Hosting Indonesia

Sudah satu bulan ini saya tidak ngeblog di semua blog yang saya punya. Saya mengerjakan proyek dengan teman saya, dan beberapa hari ke depan akan saya rilis di blog ini. Ingin tahu apa proyek itu? Wah, wah, tunggu ya? :)

Karena proyek itu juga, mungkin hampir satu bulan ini saya tidak mengerjakan blog yang saya ikutkan di DBN. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan parahnya, saya tidak tahu kenapa tiba-tiba usensei.com itu sudah disuspend oleh salah satu penyedia hosting Indonesia.

Saya baru tahu sejak 2 hari kemarin.

Bukan, bukan karena kontrak habis. Tapi karena blog itu kena hack dan disuspend karena diduga mengandung virus. What? Saya kaget ketika mendengar penjelasan mereka. Oke, saya maklumi jika itu memang kena hack tetapi kenapa itu disuspend? Dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Parahnya ketika saya bertanya, kenapa kok kena hack? Mereka menjawab, “Ya, kalau CMS seperti WordPress emang rawan.” Duh, Jagad Dewantara, Saya tidak menyangka dengan jawaban seperti itu. Jadi saya putuskan untuk memindahkannya ke Hostgator, memakai satu server yang dipakai Pengunjung Blog.

Sayangnya database yang ada tidak bisa dipindahkan, sehingga saya harus memulai blog itu dari awal lagi. Hmm.

Dengan adanya pengalaman ini, saya tidak akan menggunakan jasa penyedia hosting lokal lagi. Sungguh dan saya berjanji atas nama Bhinneka Tunggal Ika!

 

11 thoughts on “Update DBN dan Kualitas Penyedia Hosting Indonesia

  1. Saya mendengar kabar dari rumahosting bahwasannya akhir-akhir ini sedang ada serangan masal oleh hacker terhadap seluruh server dan penyedia hosting. Ujarnya serangan tersebut akan berdampak pada blog-blog berplatfrom CMS WordPress. Dan hacker ybs akan mengetahui username dan password WP dengan mudah, tambahnya.

    Tapi, saya tidak tahu juga benar atau tidaknya kabar tersebut.. :D

  2. gak semua hosting lokal yg lemah keamananya mas, kadang ada juga klien yg sengaja upload shell untuk sekedar jumping server.

    bulan lalu saya liat di log hosting saya, ada botnet dg ratusan IP berbeda yg scan wp-config, kalo yg msh pake username admin, kemungkinan bisa kena.

  3. Jawaban customer service-nya gak memberi solusi :)
    Boleh tahu hosting yang dimaksud apa mas? Biar yg lain gak kejeblos ke sana juga.

    1. hahaha..Saya gak pernah dapet jawaban kayak gitu sebelumnya, bahkan dari Hostgator atau Bluehost pun mereka biasanya jawab, “can you give me your blog URL here?”. Tapi sayang, saya gak mau ngasih nama penyedia hosting itu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>